sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia pesan 100 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca

Kesepakatan terjalin saat Kemlu bersama BUMN dan Kemenkes mengunjungi Inggris.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 15 Okt 2020 13:27 WIB
Indonesia pesan 100 juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menyatakan, dirinya beserta pejabat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bertemu dengan jajaran pimpinan AstraZeneca (AZ) di London, Inggris, pada Rabu (14/10).

"Pertemuan dengan AZ terutama digunakan untuk secara detail membahas komitmen penyediaan vaksin di luar komitmen bilateral yang telah diperoleh sebelumnya dari Sinovac dan Sinopharm," jelasnya dalam pengarahan media secara virtual, Kamis (15/10).

Sebelum pertemuan di London, pihak Indonesia telah melakukan serangkaian pertemuan virtual secara intensif dengan AZ.

Dia menjelaskan, vaksin yang sedang dikembangkan AZ merupakan salah satu kandidat vaksin coronavirus baru (Covid-19) yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tercatat telah memasuki uji klinis tahap ketiga.

"Pertemuan dengan jajaran pimpinan AZ berjalan dengan baik. Indonesia menyampaikan permintaan penyediaan dosis vaksin sebesar 100 juta untuk 2021," katanya. "AZ menyambut baik permintaan tersebut. Pengiriman pertama diharapkan dapat dilakukan pada semester pertama 2021 dan akan dilakukan secara bertahap."

Lebih lanjut, Retno mengatakan, AZ juga sangat tertarik untuk membangun kerja sama dan kolaborasi strategis jangka panjang dengan Indonesia.

Dalam pertemuan pada Rabu, delegasi Indonesia juga menegaskan mengenai pentingnya faktor keamanan dan efikasi vaksin Covid-19. Indikator-indikator tersebut dinilai akan menjadi bagian penting dari kerja sama vaksin dengan AZ, termasuk berbagi informasi mengenai hasil uji klinis tahap pertama dan kedua.

Pertemuan ditutup dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) tentang rencana pengadaan vaksin Covid-19 dari AZ bagi pemerintah Indonesia.

Sponsored
Berita Lainnya