sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia terima bantuan konsentrator dan APD dari Swiss

Pesawat charter bertolak dari Bandar Udara Zürich, Swiss, pada Sabtu (24/7)  dan mendarat di Jakarta pada Minggu pagi.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 26 Jul 2021 11:54 WIB
Indonesia terima bantuan konsentrator dan APD dari Swiss

Kementerian Luar Negeri RI pada Minggu (25/7) menyatakan bahwa pemerintah Indonesia secara resmi telah menerima dukungan berupa 13 ton peralatan medis dari pemerintah Swiss.

Peralatan medis tersebut dikirimkan menggunakan pesawat charter khusus oleh Swiss. 

Menurut laporan Kemlu RI, pesawat bertolak dari Bandar Udara Zürich, Swiss, pada Sabtu (24/7)  dan mendarat di Jakarta pada Minggu pagi.

"Pesawat tersebut membawa peralatan medis berupa 600 unit oxygen concentrators dan puluhan ribu alat pelindung diri (APD) sebagai dukungan pemerintah Swiss untuk penanganan pandemik Covid-19 di Indonesia," jelas Kemlu RI dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, alat kesehatan tersebut akan didistribusikan ke berbagai wilayah yang membutuhkannya di Indonesia.

​"Pemerintah Indones​ia menyambut baik dan menghargai dukungan pemerintah Swiss terkait upaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat bahwa kerja sama internasional sangat diperlukan untuk menangani pandemik secara efektif," jelas kemlu lebih lanjut.

Kemlu RI menyatakan, dukungan tersebut juga menandakan semakin kuatnya hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Swiss, bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara pada 2021.

*Bantuan dari India

Sponsored

Sebelumnya, pada Sabtu, Indonesia juga telah menerima bantuan pemerintah India untuk penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut berupa 300 unit oxygen concentrator dan 100 metrik ton (MT) Liquid Medic​al Oxygen (LMO). 

Seluruh unit yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok telah diserahterimakan oleh Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti kepada Kementerian Kesehatan RI.

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah India atas bantuan yang telah disampaikan, yang dinilai sangat berguna dalam penanganan Covid-19 di dalam negeri.

Dalam sambutannya, Dubes Bharti menyampaikan komitmen dan harapan India untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan pandemik.

Pada kesempatan sebelumnya, Indonesia juga pernah mengirimkan bantuan serupa kepada India, saat negara tersebut mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang luar biasa pada Mei.

Berita Lainnya