sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia-UEA sepakati travel corridor untuk urusan bisnis

Pelaksanaan travel corridor menerapkan protokol kesehatan dengan asas kesetaraan.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 30 Jul 2020 19:22 WIB
Indonesia-UEA sepakati <i>travel corridor</i> untuk urusan bisnis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan, Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menyepakati perjanjian essential business travel corridor pada Rabu (29/7).

"Melalui kesepakatan ini, Indonesia dan UEA membuka secara terbatas dan memfasilitasi kemudahan perjalanan antara kedua negara untuk keperluan bisnis esensial dan dinas dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya dalam pengarahan media secara virtual, Kamis (30/7).

Meski demikian, dia menerangkan, travel corridor tersebut belum mengatur perjalanan untuk wisatawan umum.

Travel corridor disepakati agar keperluan bisnis esensial antara kedua negara tetap berjalan di tengah krisis kesehatan akibat coronavirus baru (Covid-19).

"Unsur utama dari pengaturan ini, adalah isu kesehatan dengan cara menyiapkan protokol kesehatan yang didasarkan asas kesetaraan. Kita harus memastikan agar orang yang bergerak adalah orang yang sehat dan berkomitmen mematuhi protokol kesehatan," paparnya.

Pengaturan travel corridor antara Indonesia dan UEA telah dikoordinasikan dengan seluruh kementerian/lembaga terkait. Retno menyebut, perundingan dan komunikasi dengan pihak UEA dilakukan intensif.

Dalam kesempatan sama, Duta Besar UEA untuk Indonesia, Abdullah al Dhaheri, mengatakan, kemitraan erat antara kedua negara memberikan landasan yang kuat untuk memperkuat kerja sama dalam menanggulangi dampak Covid-19.

"Pemerintah UEA dan Indonesia melihat ada kebutuhan mendesak untuk menyediakan alat promosi yang lebih baik dan mendorong kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan," paparnya.

Sponsored
Berita Lainnya