sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Inggris dukung resolusi DK PBB untuk mempermudah vaksin Covid-19

Resolusi DK PBB 2565 tentang gencatan senjata di zona konflik agar memudahkan pengiriman vaksin Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 02 Mar 2021 11:09 WIB
Inggris dukung resolusi DK PBB untuk mempermudah vaksin Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pekan lalu, resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) 2565 tentang gencatan senjata di zona konflik untuk memudahkan pengiriman vaksin Covid-19 telah disetujui dengan suara bulat.

Mengutip keterangan resmi Kedutaan Besar Inggris di Indonesia pada Senin (1/3), Inggris menyerukan pengesahan resolusi tersebut sebagai Ketua DK PBB bulan ini.

Resolusi 2565 turut disponsori oleh 112 negara, termasuk semua 15 anggota DK PBB.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, pihaknya bangga telah memimpin persetujuan secara cepat dan dengan suara bulat. Dia menambahkan, resolusi tersebut akan membantu proses distribusi vaksin kepada orang-orang yang tinggal di zona konflik.

"Resolusi ini juga membangun dukungan untuk COVAX, di mana Inggris menyediakan lebih dari satu miliar dosis vaksin untuk kelompok masyarakat yang paling rentan di seluruh dunia," ujarnya.

Dalam pernyataan terpisah, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyatakan bahwa dirinya bangga Inggris telah membawa resolusi tersebut ke DK PBB.

Sejak awal pandemik, London dan Jakarta telah bersatu untuk menyerukan respons multilateral terhadap Covid-19 dengan memastikan akses vaksin bagi seluruh pihak yang membutuhkan.

Dubes Owen menambahkan, distribusi vaksin melalui mekanisme COVAX sedang berlangsung, dengan pengiriman pertama dilakukan pada 1 Maret.

Sponsored

"Dengan resolusi ini, Inggris menetapkan target yang ambisius, yakni memastikan mereka yang tinggal di daerah konflik memiliki akses terhadap vaksin Covid-19, dan langkah-langkah untuk mendukung hal itu termasuk gencatan senjata dan kerja sama yang diperlukan untuk membuat visi ini terlaksana," tutur Owen.

Menurut Dubes Owen, pengesahan resolusi dengan suara bulat ini menunjukkan bahwa pesan Inggris dan Indonesia telah didengar oleh dunia.

Berita Lainnya