sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Inggris tutup sementara kedutaan di Korea Utara

Selain menutup kedutaan besarnya di Korea Utara, Inggris juga memulangkan seluruh staf diplomatiknya.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 28 Mei 2020 18:36 WIB
Inggris tutup sementara kedutaan di Korea Utara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Duta Besar Inggris untuk Korea Utara Colin Crooks menyatakan bahwa untuk sementara waktu, Inggris menutup kedutaan besar dan memulangkan semua staf diplomatiknya dari negara tersebut.

"Kedutaan Besar Inggris di Pyongyang untuk sementara ditutup mulai 27 Mei 2020. Semua staf diplomatik telah meninggalkan Korea Utara untuk saat ini," twit Dubes Crooks.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri Inggris menjelaskan bahwa keputusan itu dibuat karena pembatasan masuk ke Korea Utara telah menyulitkan rotasi staf diplomatik dan mengganggu operasi kedutaan. Pembatasan tersebut diterapkan sebagai upaya untuk mencegah penularan coronavirus jenis baru.

Kemlu Inggris menyatakan, Inggris terus menjaga hubungan diplomatik dengan Korea Utara dan akan berusaha kembali ke Pyongyang secepat mungkin.

Mengutip sumber anonim, situs pemonitor Korea Utara yang berbasis di Seoul, NK News, melaporkan bahwa para diplomat Inggris pulang dengan penerbangan dari China daratan. Mereka melintas ke Tiongkok melalui jalur darat.

Korea Utara sejauh ini belum mengonfirmasi kasus infeksi Covid-19. Meski begitu, sebagai upaya pencegahan transmisi virus, pemerintah setempat melarang hampir semua perjalanan lintas batas dan sempat mengarantina warga negara asing yang berada di dalam negeri.

Pada Maret, sejumlah negara, termasuk Jerman dan Prancis, menarik misi diplomatik dan untuk sementara menutup kedutaan mereka di Korea Utara. (Reuters)

Sponsored
Berita Lainnya