sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ini dia calon favorit pengganti Abe

Mantan Menteri Pertahanan Jepang jadi favorit pengganti Abe.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 31 Agst 2020 19:02 WIB
Ini dia calon favorit pengganti Abe
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Sejumlah media Jepang pada Senin (31/8) melaporkan bahwa Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di negara tersebut berencana mengadakan pemungutan suara untuk menentukan pengganti Perdana Menteri Shinzo Abe pada 14 September.

PM Abe pada pekan lalu mengundurkan diri karena kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Pemimpin baru LDP disebut-sebut akan menjadi perdana menteri berikutnya, menggantikan Abe. Media lokal melaporkan bahwa ada empat kandidat yang kemungkinan besar bersaing untuk posisi tersebut.

Seorang juru bicara pemerintah Jepang pada Senin mengatakan, dalam perbincangan via telepon dengan Donald Trump, PM Abe menyatakan, penguatan aliansi kedua negara akan dipertahankan bahkan setelah dia meninggalkan jabatannya.

Selain itu, penerus Abe juga akan menghadapi masalah ekonomi, diplomatik, dan keamanan. Mulai dari ekonomi yang stagnan akibat pandemik hingga ketegangan berlanjut antara China-Amerika Serikat.

Dalam kompetisi politik mengantikan Abe tersebut, mantan Menteri Pertahanan Jepang Shigeru Ishiba menjadi pilihan paling populer di kalangan publik.

Ishiba, seorang kritikus Abe, dinilai dapat menghadapi pertarungan berat jika dia memilih untuk mencalonkan diri. Pasalnya, menurut media lokal, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga akan menerima dukungan dari beberapa faksi utama dalam LDP.

Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan Kyodo News pada akhir pekan, Ishiba mencatat sektiar 34% dukungan publik, lebih dari dua kali lipat dari 14% yang diperoleh Suga.

Sementara itu, jajak pendapat yang dilakukan Nikkei menunjukkan Ishiba mendapat dukungan sebesar 28%, diikuti oleh Menteri Pertahanan Taro Kano dengan 15%, dan Suga berada di posisi keempat dengan perolehan 11%.

Sponsored

Survei Nikkei menyoroti terjadinya perpecahan antara opini publik dan politik internal LDP. Kepala kebijakan LDP, Fumio Kishida, yang telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri, menempati posisi terakhir dalam kedua survei opini publik tersebut.

Suga menolak berkomentar pada Senin ketika ditanya tentang persaingan kepemimpinan LDP dalam konferensi pers regulernya sebagai juru bicara utama pemerintah.

Demikian pula Ishiba yang juga belum menyatakan apakah dia akan mencalonkan diri.

Pengamat politik dari Tama University, Brad Glosserman, menilai bahwa Suga belum memiliki cukup pengalaman untuk menggantikan PM Abe.

"Dia tampaknya tidak memiliki baik karisma maupun visi untuk mendorong Jepang ke arah yang baru," kata dia.

Di bawah sistem politik parlementer Jepang, anggota parlemen yang memilih perdana menteri, bukan masyarakat umum. Itu artinya presiden LDP hampir dijamin menjadi perdana menteri. (Reuters)

Berita Lainnya