sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jepang pemilik paspor terkuat di dunia, Indonesia?

Warga negara Jepang bebas visa atau mendapat akses visa-on-arrival ke 191 tujuan di seluruh dunia. 

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 10 Jan 2020 08:03 WIB
Jepang pemilik paspor terkuat di dunia, Indonesia?

Menurut Henley Passport Index terbaru yang dirilis pada Selasa (7/1), Jepang berada di posisi teratas sebagai pemilik paspor terkuat di dunia. Warga negara Jepang bebas visa atau mendapat akses visa-on-arrival ke 191 tujuan di seluruh dunia. 

Singapura berada di urutan kedua. Korea Selatan dan Jerman bertengger di peringkat ketiga, sementara Finlandia dan Italia duduk di posisi keempat.

Peringkat kelima ditempati oleh Denmark, Luxembourg, dan Spanyol dengan bebas visa atau mendapat akses visa-on-arrival ke 187 tujuan di seluruh dunia. Prancis dan Swedia berada di posisi keenam.

Posisi ketujuh diisi berbarengan oleh Austria, Irlandia, Belanda, Portugal, dan Swiss. Belgia, Yunani, Norwegia, Inggris, dan Amerika Serikat berada di peringkat ke delapan.

Australia, Kanada, Republik Ceko, Malta, dan Selandia Baru menempati peringkat ke sembilan. Ada pun Hongaria, Lithuania, dan Slovakia menduduki posisi ke-10.

Bagaimana dengan Indonesia? Bersama dengan China dan Kenya, Indonesia berada di posisi ke-72 dengan bebas visa atau mendapat akses visa-on-arrival ke 71 tujuan.

Posisi buncit dalam Henley Passport Index ditempati oleh Afghanistan. Negara di Asia Selatan itu hanya bebas visa atau mendapat akses visa-on-arrival ke 26 destinasi.

Sebelumnya, Jepang dan Singapura terkunci dalam persaingan sengit selama 18 bulan. Menurut The Straits Times, akses yang lebih mudah ke Arab Saudi membuat Jepang keluar sebagai pemenang paspor terkuat di dunia saat ini.

Sponsored

Henley Passport Index, yang diperbarui secara real time sepanjang tahun ketika perubahan kebijakan visa diberlakukan, didasarkan pada data resmi yang disediakan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA). (Business Insider)

Berita Lainnya