sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jet Qatar cegat pesawat sipil asal UEA yang melintas

Qatar menyebut UEA sedang memanipulasi fakta untuk menambah panas dan menyesatkan masyarakat internasional.

Mona Tobing
Mona Tobing Selasa, 24 Apr 2018 10:54 WIB
Jet Qatar cegat pesawat sipil asal UEA yang melintas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2491
Dirawat 2090
Meninggal 209
Sembuh 192

Hubungan Qatar dengan Uni Emirat Arab (UEA) makin panas. Usai UEA menghapus Qatar dari peta dunia, kali ini UEA menuding sikap semena-mena Qatar yang mencegah pesawat sipil UEA yang melintas. 

Laporan kantor berita Qatar QNA pada Senin (23/4) memberitakan bahwa tuduhan tersebut langsung dibantah Pemerintah Qatar. Bahwa tidak benar kalau jet tempur Qatar mencegat pesawat sipil UAE yang melintas. 

Lembaga Penerbangan Sipil Qatar (QCAA) membantah apa yang disebutkan di dalam pengumuman lembaga penerbangan sipil UAE berkaitan dengan pencegatan pesawat sipil UAE dan ancaman terhadap keamanan serta keselamatan udara. Qatar balik menuding bahwa UEA sedang berusaha menambah situasi memanas. 

Xinhua melaporkan, Qatar bahkan menyebut UEA sedang memanipulasi fakta untuk menambah panas dan menyesatkan masyarakat internasional. UEA disebut sedang berupaya untuk mengalihkan perhatian dari sejumlah pelanggaran pesawat militer atas wilayah udara Qatar.

Sponsored

QCAA mengklarifikasi tuduhan UEA dengan menjelaskan bahwa yang sebenarnya adalah pesawat militer Qatar sedang terbang menuju bagian timur laut Qatar. Pesawat militer Qatar membawa misi setelah mendapat laporan bahwa penyedia layanan penerbangan di Bahrain telah mengizinkan masuknya satu pesawat militer UAE ke perairan Qatar.

Namun pesawat UEA yang melintas disebut tanpa izin lebih dulu dari Negara Qatar. Seharusnya rencana penerbangan itu berada di dekat jalur penerbangan pesawat sipil UAE yang ditujuk di dalam pernyataan Lembaga Penerbangan Sipil UAE. 

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Senin, 06 Apr 2020 06:02 WIB
Menagih janji keringanan cicilan utang

Menagih janji keringanan cicilan utang

Senin, 06 Apr 2020 05:43 WIB
Berita Lainnya