Dunia / China

Jijik, wanita hamil temukan bangkai tikus di sup

Peristiwa penemuan bangkai tikus di hidangan sup ini terjadi pada Kamis (6/9) di kota Weifang, China.

Jijik, wanita hamil temukan bangkai tikus di sup Ilustrasi / Pixabay

Sebuah rantai restoran China yang populer merugi hingga sekitar US$190 juta setelah seorang wanita hamil menemukan bangkai tikus di dalam hidangan supnya.

Saham restoran hot pot Xiabu Xiabu mencapai tingkat terendah dalam setahun terakhir, setelah foto-foto bangkai tikus di dalam sup itu viral. Kedai mereka di provinsi Shandong telah ditutup sementara.

Adapun kepada pelanggan yang dirugikan, pihak kedai dilaporkan menawarkan kompensasi sebesar 5.000 yuan.

Menurut sumber berita lokal, Kankan News, yang bicara dengan suami dari wanita itu, kompensasi tersebut ditolak. Pria itu ingin istrinya menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebelum memutuskan jumlah kompensasi yang diinginkannya.

Peristiwa penemuan bangkai tikus ini terjadi pada Kamis (6/9) setelah sang wanita sempat menyantap beberapa sendok sup. 

Suami korban mengklaim setelah peristiwa itu, dia sempat mendapat perlakukan tidak menyenangkan dari salah seorang staf kedai. Yang bersangkutan menyarankan agar wanita hamil tersebut melakukan aborsi jika memang dia khawatir dengan kesehatan bayinya. 

Staf itu menawarkan kompensasi 20.000 yuan bagi perempuan itu untuk melakukan aborsi.

Para pengguna media sosial China bereaksi marah merespons foto-foto yang viral. 

"Aku merasa ingin muntah. Aku tidak akan pernah makan hot pot di luar rumah lagi," kata seorang pengguna media sosial.

Pada Selasa (11/9), harga saham perusahaan mencapai level terendah sejak Oktober tahun lalu. Namun, pada Rabu (12/9), harga saham perusahaan kembali perlahan pulih.

"Xiabu Xiabu selalu menjadi salah satu restoran favorit saya, saya pikir mereka juga cukup bersih ... Saya tidak percaya ini," komentar seorang pengguna media sosial yang lain.

Ada pula yang berkomentar,"Jika sesuatu terjadi pada bayinya, bagaimana mereka akan memberi kompensasi padanya? Apakah hidup hanya bernilai 20.000 yuan?."

Pihak berwenang di kota Weifang, cabang restoran tempat tikus ditemukan, mengatakan mereka akan melakukan penyelidikan ke restoran Xiabu Xiabu.

Metode makan hot pot adalah umum di Cina dan di seluruh bagian lain di Asia. 

 

Sumber: BBC


Berita Terkait