sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi usulkan 3 komitmen kepada junta militer Myanmar

Jokowi menegaskan situasi di Myanmar tidak dapat diterima dan perdamaian harus dikembalikan.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 24 Apr 2021 20:03 WIB
Jokowi usulkan 3 komitmen kepada junta militer Myanmar

Berbicara di ASEAN Leaders' Meeting (ALM) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Sabtu (24/4), Presiden Joko Widodo menuntut tiga komitmen dari pemimpin militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing.

"Yakni, penghentian penggunaan kekerasan dari militer Myanmar," jelas Jokowi dalam pernyataan pers usai ALM, didampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyatakan bahwa di saat yang sama, seluruh pihak perlu menahan diri sehingga ketegangan dapat diredakan.

Lalu, Jokowi meminta dimulainya proses dialog yang inklusif.

"Tahanan politik harus segera dilepaskan dan perlu dibentuk special envoy ASEAN, yaitu Sekretariat Jenderal dan Ketua ASEAN, untuk mendorong dialog dengan semua pihak di Myanmar," lanjutnya.

Permintaan komitmen lainnya terhadap pemimpin militer adalah pembukaan akses bantuan kemanusiaan dari ASEAN.

Bantuan tersebut, jelas Jokowi, akan dikoordinasi oleh Sekjen ASEAN bersama dengan ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre).

"Indonesia berkomitmen mengawal terus tindak lanjut dari komitmen tersebut agar krisis politik di Myanmar dapat segera diatasi," sambungnya.

Sponsored

Dalam ALM, Jokowi menyatakan perkembangan situasi di Myanmar adalah sesuatu yang tidak dapat diterima dan tidak boleh terus berlangsung.

"Kekerasan harus dihentikan. Demokrasi, stabilitas, dan perdamaian di Myanmar harus segera dikembalikan," ungkapnya.

Dia menuturkan kepentingan rakyat Myanmar harus selalu menjadi prioritas.

Menurut Presiden Jokowi, yang disampaikan oleh Indonesia dalam ALM sejalan dengan yang disampaikan oleh para pemimpin ASEAN lainnya.

"Dapat dikatakan para pemimpin ASEAN telah mencapai konsensus. Sekjen ASEAN telah menyampaikan lima butir konsensus yang nanti akan disampaikan oleh ketua atau sekjen sendiri," jelasnya.

Berita Lainnya