sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi yakin ASEAN dapat tangani Covid-19

Presiden mendorong kerja sama ASEAN sebagai mesin penggerak stabilitas dan perdamaian kawasan dalam era new normal.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 26 Jun 2020 19:33 WIB
Jokowi yakin ASEAN dapat tangani Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeyakinan ASEAN mampu mengatasi pandemi coronavirus baru (Covid-19) meskipun dunia tengah melewati masa-masa sulit. Disampaikannya dalam KTT ke-36 ASEAN secara virtual, Jumat (26/6).

"Beliau menyatakan, bahwa ASEAN memiliki fondasi yang cukup kuat untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Dengan fondasi kuat, ASEAN mampu melewati masa sulit seperti sekarang," tutur Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengutip pidato pembukaan Jokowi.

Jokowi juga menyebut dunia, tidak terkecuali negara-negara di kawasan ASEAN, kini menghadapi dua tantangan utama, penanganan Covid-19 dan upaya mengatasi dampaknya. Tantangan semakin berat karena situasi global dinamis.

"Situasi dinamis tersebut antara lain ditandai oleh persaingan kekuatan besar yang semakin meningkat dan adanya pesimisme terhadap multilateralisme," jelasnya.

Selain itu, Jokowi menekankan pentingnya penguatan kerja sama kawasan di tengah pesimisme terhadap multilateralisme. Menurutnya, ini penting untuk mengembalikan harapan terhadap multilateralisme yang efektif, efisien, dan berkeadilan.

"Presiden Jokowi menekankan, kerja sama ASEAN menjadi mesin penggerak bagi stabilitas dan perdamaian kawasan dalam era new normal," sebut Retno.

ASEAN, menurut Jokowi, harus berupaya sekuat mungkin agar tidak jadi panggung bagi kekuatan-kekuatan besar unjuk kekuatan.

"Maka dari itu, ASEAN harus menjadi subjek dan bukan objek dalam politik global," lanjutnya. "Untuk melakukannya, sentralitas ASEAN adalah kunci."

Sponsored

Lebih lanjut, Retno menuturkan, KTT ke-36 ASEAN berhasil mengadopsi dua dokumen, yakni Leaders Vision Statement on a Cohesive and Responsive ASEAN Rising Above Challenges and Sustaining Growth serta ASEAN Declaration on Human Resource Development.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya