logo alinea.id logo alinea.id

Kanada ingin hengkang dari kesepakatan senjata dengan Arab Saudi

PM Kanada menerangkan bahwa pihaknya tengah mencari celah untuk keluar dari kesepakatan senilai US$13 miliar dengan Arab Saudi.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 17 Des 2018 17:58 WIB
Kanada ingin hengkang dari kesepakatan senjata dengan Arab Saudi

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkapkan keinginannya untuk membatalkan kesepakatan penjualan senjata dengan Arab Saudi.

Dalam sebuah wawancara dengan CTV yang ditayangkan pada Minggu (16/12), Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa pemerintahnya sedang mencari jalan keluar dari kesepakatan senjata bernilai miliaran dollar dengan Arab Saudi.

Namun, Trudeau menjelaskan bahwa ada penalti besar yang dijatuhkan jika perjanjian ini dibatalkan.

Perjanjian senilai US$13 miliar ini mengatur ekspor kendaraan lapis baja yang dibuat oleh perusahaan Kanada, General Dynamics.

Perjanjian ini dinegosiasikan oleh pemerintahan Kanada sebelumnya yang dipimpin oleh PM Stephen Harper.

Bulan lalu, Trudeau mengatakan Kanada dapat membekukan izin ekspor jika terbukti bahwa senjata tersebut disalahgunakan.

"Kami sedang menelaah izin ekspor untuk mencoba melihat apakah ada cara untuk tidak lagi mengekspor kendaraan-kendaraan ini ke Arab Saudi," jelas Trudeau tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Para lawan politik bersikeras agar Trudeau mengakhiri kesepakatan General Dynamics tersebut. Alasan ini didorong oleh pembunuhan Jamal Khashoggi dan keterlibatan Arab Saudi dalam perang Yaman.

Sponsored

Kanada sendiri menekankan, pihaknya telah berkonsultasi dengan sekutu mengenai langkah yang perlu diambil setelah pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

"Pembunuhan seorang wartawan benar-benar tidak dapat diterima dan itulah mengapa Kanada sejak awal telah menuntut jawaban dan solusi atas kasus tersebut," tegas Trudeau. 

Hubungan antara Ottawa dan Riyadh sendiri sebelumnya telah tegang menyusul sengketa diplomatik terkait HAM pada Agustus tahun ini. Kanada menyerukan agar Arab Saudi membebaskan dua aktivis HAM.

Riyadh menilai bahwa langkah Ottawa telah melanggar kedaulatannya. Pertikaian diplomatik ini memanas dan berujung pada pengusiran masing-masing duta besar. (Channel News Asia)

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB