sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus Covid-19 lampaui 20 juta jadi hadiah tahun baru AS

AS juga menjadi negara yang mencatat fatalitas akibat Covid-19 tertinggi dengan total lebih dari 347.000.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 02 Jan 2021 14:46 WIB
Kasus Covid-19 lampaui 20 juta jadi hadiah tahun baru AS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Amerika Serikat secara total telah mencatat lebih dari 20 juta kasus infeksi Covid-19 pada Jumat (1/1) ketika baru satu hari memasuki 2021.

Negeri Paman Sam secara konsisten melampaui negara lain dalam jumlah kasus infeksi Covid-19 dan menyumbang hampir seperempat dari total kasus positif di seluruh dunia.

AS juga menjadi negara yang mencatat fatalitas akibat Covid-19 tertinggi dengan total lebih dari 347.000.

Peningkatan jumlah tersebut terjadi karena pejabat kesehatan AS berjuang untuk memvaksinasi penduduk. Pemerintahan Presiden Donald Trump pada Desember memperkirakan, pada akhir tahun, 20 juta orang akan menerima vaksinasi.

Namun, pejabat kesehatan menyatakan bahwa hanya 2,8 juta warga AS yang akan menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), hingga Rabu (30/12), hanya 12,4 juta dosis vaksin yang telah didistribusikan secara nasional.

Senator asal Partai Republik Mitt Romney, pada Jumat mengkritik tajam kecepatan vaksinasi dan mengatakan bahwa proses tersebut memerlukan pengawasan federal yang lebih intens.

"Rencana vaksinasi komprehensif itu belum dikembangkan di tingkat federal dan dikirim ke negara bagian karena modelnya tidak dapat dipahami," ujar Romney dalam sebuah pernyataan.

Sponsored

Romney mendesak pemerintah mengumpulkan sejumlah besar pekerja medis untuk mengatur pasokan vaksin.

Dia juga merekomendasikan penggunaan tempat-tempat yang sebagian besar kosong karena pandemik, seperti sekolah, untuk menjadi fasilitas pemberian suntikan vaksin.

AS telah memulai vaksinasi pekerja perawat kesehatan garis depan dan populasi berisiko tinggi, seperti mereka yang tinggal di panti jompo, menggunakan dua jenis vaksin yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat.

CDC merekomendasikan vaksin selanjutnya disediakan untuk pekerja garis depan dan orang-orang berusia 75 tahun ke atas. Namun, beberapa negara bagian telah menetapkan kriteria yang berbeda terkait prioritas vaksinasi penduduk.

Trump belum banyak bicara tentang isu vaksinasi dalam beberapa pekan terakhir dan hanya berfokus mengulangi klaim bahwa dia dicurangi dalam Pilpres 2020. 
 

Sumber : VOA

Berita Lainnya