sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus Covid-19 menurun, India longgarkan pembatasan

Ibu Kota New Delhi dan pusat keuangan, Mumbai, termasuk di antara kota-kota yang mulai melonggarkan pembatasan di bawah lockdown.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 07 Jun 2021 17:46 WIB
Kasus Covid-19 menurun, India longgarkan pembatasan

Sejumlah negara bagian di India yang telah menjadi wilayah penyebaran Covid-19 mulai melonggarkan pembatasan. Hal tersebut dilakukan karena kasus Covid-19 di negara tersebut terus menurun.

Ibu Kota New Delhi dan pusat keuangan, Mumbai, termasuk di antara kota-kota yang mulai melonggarkan pembatasan di bawah lockdown.

Langkah ini terjadi setelah gelombang kedua pandemik membuat tempat kekurangan tidur rumah sakit, obat-obatan, dan bahkan bantuan oksigen menipis ketika kasus melonjak dan kematian meningkat.

Namun, para ahli terus menyarankan tindakan pencegahan di tengah kampanye vaksinasi nasional yang dinilai bergulir secara lambat serta ancaman yang ditimbulkan oleh varian baru.

India telah memberikan lebih dari 230 juta suntikan vaksin Covid-19 sejauh ini, tetapi kurang dari 4% dari 1,4 miliar populasi telah divaksinasi sepenuhnya.

Pemerintah India melaporkan sekitar 101.000 kasus baru pada Senin (7/6) dan lebih dari 2.400 kasus kematian, jauh lebih rendah dari hampir 400.000 kasus harian yang tercatat sekitar sebulan lalu.

Meskipun ada penurunan jumlah kasus, tidak semua negara bagian memilih untuk melonggarkan pembatasan sosial. Rajasthan, Karnataka, Kerala Tamil Nadu, dan Telangana memperpanjang lockdown hingga pertengahan atau akhir minggu ini.

Bahkan negara bagian yang telah melonggarkan pembatasan seperti Uttar Pradesh, Maharashtra, Haryana melakukannya dengan hati-hati dan secara bertahap.

Sponsored

Di Mumbai, toko-toko dan restoran dapat dibuka kembali tetapi mal dan bioskop akan tetap tutup.

Sementara itu, di Uttar Pradesh, pembatasan Covid-19 telah dicabut di semua tempat kecuali beberapa distrik. Namun, jam malam akan tetap berlaku setiap malam hingga akhir pekan.

Sumber : BBC

Berita Lainnya