sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KBRI Beijing imbau WNI waspada pneumonia

Wabah pneumonia atau radang paru-paru belakangan terjadi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 16 Jan 2020 16:57 WIB
  KBRI Beijing imbau WNI waspada pneumonia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 59394
Dirawat 29740
Meninggal 2987
Sembuh 26667

KBRI Beijing mengatakan bahwa belakangan ini, terjadi wabah pneumonia atau radang paru-paru di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. Otoritas setempat belum mengetahui penyebab penyebaran wabah tersebut.

Komite Kesehatan Kota Wuhan sedang melakukan penelitian dan pengawasan ketat terhadap penyebaran penyakit itu.

Sebagai tindakan pencegahan agar tidak tertular pneumonia, KBRI Beijing mengimbau WNI yang berada atau hendak ke Wuhan untuk memperhatikan kondisi kesehatan pribadi.

"Segera lakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk, dan sulit bernapas," demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Beijing pada Kamis (16/1).

KBRI juga mengimbau WNI untuk menghindari kontak dengan hewan hidup termasuk unggas dan burung, serta menghindari konsumsi daging mentah dan kurang matang.

"Hindari berkunjung ke pasar ikan, pasar makanan laut, atau tempat penjualan hewan hidup lainnya," lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, KBRI Beijing meminta WNI untuk menghindari interaksi dengan orang yang menderita gejala demam, batuk, dan sulit bernapas.

WNI diimbau untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker bila sedang batuk atau pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin.

Sponsored

"Sejauh ini, berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat WNI yang terjangkit penyakit pneumonia baik di Wuhan maupun di daerah lainnya," jelas KBRI Beijing.

Berita Lainnya