sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kebakaran hutan California paksa beberapa artis Hollywood ke

Beberapa artis yang tinggal di daerah tersebut harus ikut mengungsi bersama ratusan ribu warga lainnya dari kediaman mereka di Malibu.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 12 Nov 2018 11:51 WIB
Kebakaran hutan California paksa beberapa artis Hollywood ke

Kebakaran hutan yang terjadi di daerah Butte dan Ventura yang mengepung dua sisi California diberitakan telah menewaskan 29 nyawa. Kebakaran ini membumihanguskan hampir seluruh kota Paradise di Butte dan melahap habis ribuan rumah dan daerah perkantoran di dalamnya.

Lebih dari 200 orang dinyatakan hilang setelah kebakaran hutan ini menghancurkan kota dengan populasi 27 ribu jiwa tersebut sejak Kamis (8/11) lalu. Kebakaran ini membakar habis sekitar 105 ribu hektar dan menghancurkan sebanyak 6.453 rumah.

Sedangkan dua kebakaran hutan di daerah Ventura, Woolsey dan Hill, telah bergerak cepat dan membakar rumah beberapa selebriti Hollywood. Menurut CBS, kebakaran Woolsey membakar habis 83 ribu hektar dan mengharuskan lebih dari 200 ribu warga sekitar untuk mengungsi. 

Akibatnya, beberapa artis yang tinggal di daerah tersebut harus ikut mengungsi bersama ratusan ribu warga lainnya dari kediaman mereka di Malibu, Calabasas, Agoura Hills, dan beberapa daerah sekitar.

Salah satu artis tersebut merupakan aktor Gerard Butler yang mengatakan sebagian besar rumahnya sudah habis terbakar akibat kebakaran hutan tersebut. Pada akun Instagram-nya, Butler mengunggah foto dirinya yang berdiri di depan bagian rumahnya yang hangus.

"Kembali ke rumah saya di Malibu setelah menjalani proses evakuasi. Ini masa yang sulit bagi California. Sangat terinspirasi dari keberanian, perjuangan, dan pengorbanan para petugas pemadam kebakaran," tulis aktor film 300 ini.

Sponsored

Penyanyi berdarah Italia Lady Gaga juga terpaksa mengungsi dari rumahnya pada Jumat (9/11) lalu. Pada Instagram story, Gaga menunggah beberapa foto dan video saat ia dan keluarganya tengah berkemas untuk meninggalkan rumah mereka. Sebuah foto menunjukkan asap tebal mengepul di udara disertai dengan tulisan "Mengirim doa bagi semua orang hari ini."

Sedangkan melalui akun Twitter-nya penyanyi berusia 32 tahun ini mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya pada petugas pemadam kebakaran dan seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan kebakaran tersebut.

"Terima kasih pada para petugas pemadam kebakaran, aparat kepolisian, dan responden darurat yang telah melakukan semua hal yang dapat dilakukan untuk membantu kami. Kalian benar-benar pahlawan," cuitnya pada Jumat lalu.

Selebriti Hollywood Kim Kardashian West juga menjadi salah satu warga yang terdampak. Melalui akun Instagramnya, ia meminta doa warganet bagi Calabasas dan mengatakan bahwa ia pun harus menyingkir dari rumahnya. Pada Jumat lalu, Kim menjelaskan keadaan terbarunya bagi para pengikutnya di Twitter.

"Saya dengar api telah melahap rumah kami di Hidden Hills tapi sekarang sudah lebih terkendali dan telah berhenti," jelasnya.

Adapula aktor Rainn Wilson yang turut ikut evakuasi akibat kebakaran dekat rumahnya di Thousand Oaks. Pada hari Sabtu (10/11), aktor yang terkenal melalui serial The Office ini mengunggah video singkat berdurasi 12 detik yang memperlihatkan keadaan pekarangan rumahnya yang sudah hangus.

"Terima kasih atas cintanya, Twitter. Kami aman, hewan-hewan kami diselamatkan, dan rumah kami terhindar," cuitnya.

Menurut keterangannya, rumahnya selamat karena api tersebut hanya berkobar di sekitaran sungai di belakang dengan jarak 10 meter dari kediamannya.

Aktris Hollywwod Alyssa Milano pun harus angkat kaki dari rumahnya. Pada Senin (12/11), melalui akun Twitter resminya ia memberi kabar bawha dirinya masih mengungsi.

"Masih berevakuasi. Kami berada dalam evakuasi wajib sejak Kamis. Kami aman. Rumah masih dalam bahaya. Masih tidak ada listrik," tulisnya.

Milano kini membantu mempromosikan dan mengajak pengikutnya di Twitter untuk berdonasi dan menggalang dana bagi California Fire Foundation dan beberapa tempat penampungan binatang lainnya di daerah yang terdampak. (CBS)