logo alinea.id logo alinea.id

Kemlu RI konfirmasi identitas WNI yang diduga teroris di Malaysia

WNI terduga teroris itu ditangkap di Subang Jaya pada 7 Mei.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 16 Mei 2019 17:15 WIB
Kemlu RI konfirmasi identitas WNI yang diduga teroris di Malaysia

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir atau yang akrab disapa Tata mengonfirmasi identitas pria yang ditangkap Polisi Diraja Malaysia (PDRM) atas dugaan merencanakan tindak terorisme. WNI itu dicokok di Subang Jaya pada 7 Mei lalu.

"KBRI Kuala Lumpur sudah mendapatkan akses kekonsuleran untuk bertemu dengan tersangka pada Rabu (15/5). Setelah dikonfirmasi, dapat dipastikan bahwa yang ditangkap memang WNI," kata Tata dalam pengarahan media di Kemlu RI, Jakarta, Kamis (16/5).

Selain itu, Tata menyebut sejauh ini PDRM baru menahan satu WNI dan sedang melacak satu orang lagi yang juga diduga WNI.

WNI yang kini sudah ditahan, lanjut Tata, telah berada di Malaysia sejak 2017 dan sempat bekerja di perkebunan semangka dan pabrik seng.

Sponsored

"Apabila yang bersangkutan membutuhkan pendampingan atau bantuan hukum, KBRI Kuala Lumpur wajib memfasilitasi hal tersebut," jelasnya.

Tata menyebut, saat ini PDRM masih melakukan proses investigasi dan Indonesia akan menunggu hasil penyelidikan tersebut. "Kita tunggu hasil investigasi untuk tahu tuduhan yang diberikan dan akan diangkat ke pengadilan nanti," tuturnya.

PDRM menangkap WNI itu di Subang Jaya pada 7 Mei. Dia ditahan bersama tiga pria lainnya. Keempatnya mengaku sebagai simpatisan ISIS dan bersiap untuk melakukan serangan pada pekan pertama Ramadan.