sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ketua DPR AS datang ke Kiev: Ingin menggemakan dukungan ke seluruh dunia

Nancy Pelosi adalah pemimpin tertinggi Amerika yang mengunjungi Ukraina sejak awal perang Ukraina-Rusia.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 01 Mei 2022 19:57 WIB
Ketua DPR AS datang ke Kiev: Ingin menggemakan dukungan ke seluruh dunia

Ketua DPR AS Nancy Pelosi memimpin delegasi Kongres ke Kiev untuk bertemu presiden Ukraina. Kunjungannya menandai pertunjukan besar dukungan untuk perjuangan negara itu melawan Rusia.

“Kami percaya bahwa kami mengunjungi Anda untuk mengucapkan terima kasih atas perjuangan Anda untuk kebebasan… Komitmen kami adalah untuk berada di sana untuk Anda sampai perjuangan selesai,” kata Pelosi kepada Presiden Volodymyr Zelensky, seperti dalam video dari kepresidenan Ukraina.

“Delegasi kami melakukan perjalanan ke Kiev untuk mengirim pesan yang jelas dan bergema ke seluruh dunia: Amerika berdiri teguh dengan Ukraina. Kami di sini sampai kemenangan diraih.” Dia juga mengutuk "invasi jahat" Presiden Rusia Vladimir Putin.

Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan menyingkirkan nasionalisme anti-Rusia yang dikobarkan oleh Barat. Ukraina dan Barat mengatakan Rusia telah melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.

Sponsored

Zelensky berterima kasih kepada Amerika Serikat melalui Twitter, "karena membantu melindungi kedaulatan dan integritas teritorial negara kita," katanya.

"AS memimpin dukungan kuat untuk Ukraina dalam perjuangannya melawan agresi Rusia," katanya. "Kami akan menang dan kami akan menang bersama." (Aljazeera)

Berita Lainnya