logo alinea.id logo alinea.id

Kim Jong-un awasi uji coba peluncur roket

Pernyataan ini dirilis sehari setelah Korea Selatan mendeteksi peluncuran dua proyektil tidak teridentifikasi pada Selasa.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 11 Sep 2019 10:28 WIB
Kim Jong-un awasi uji coba peluncur roket

Pada Rabu (11/9), kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa Kim Jong-un mengawasi uji coba peluncur roket multipel super besar pada Selasa (10/9). Menurut KCNA terjadi dua putaran penembakan.

Pernyataan ini dirilis sehari setelah pejabat Korea Selatan mendeteksi peluncuran dua proyektil tidak teridentifikasi pada Selasa.

Dua proyektil jarak pendek ditembakkan beberapa jam setelah Korea Utara menyatakan kesediaan untuk melanjutkan pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat pada akhir September.

Menurut Korea Selatan, proyektil itu diluncurkan dari Provinsi Pyongan Selatan dan mendarat di lepas pantai timur Korea Utara.

Kim Jong-un, yang pernah memandu uji coba serupa sebelumnya, mengatakan bahwa kemampuan senjata itu telah terverifikasi dalam operasi tempur. KCNA tidak mengurai lebih jauh mengenai uji coba tersebut.

KCNA juga melaporkan bahwa kepada para pejabat Korea Utara yang hadir di uji coba, termasuk adiknya, Kim Yo-jong, Kim Jong-un memerintahkan untuk terus berupaya demi mencapai sistem pertahanan nasional yang mutakhir.

Sejumlah analis mengatakan Korea Utara melakukan tes senjata untuk berbagai keperluan, termasuk pengembangan teknis dan jaminan pertahanan. Namun, peluncuran roket pada Selasa dinilai sebagai pesan keras bagi Washington.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump meremehkan uji coba rudal dengan mengatakan bahwa uji coba rudal jarak pendek tidak melanggar perjanjian kedua pihak. Tetapi hal itu dibantah oleh mantan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton yang mengatakan bahwa peluncuran rudal oleh Korea Utara dilarang di bawah resolusi AS. (Reuters dan Fox News)

Sponsored