sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korea Selatan konfirmasi kasus pertama coronavirus

Korban adalah seorang wanita usia 36 tahun. Dia merupakan warga China, tepatnya Wuhan, kota di mana virus mewabah.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 20 Jan 2020 18:39 WIB
Korea Selatan konfirmasi kasus pertama coronavirus
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 127083
Dirawat 39082
Meninggal 5765
Sembuh 82236

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC) pada Senin (20/1), mengumumkan kasus pertama coronavirus jenis baru di negara itu.

Korban yang berusia 36 tahun itu merupakan warga China, tepatnya Wuhan. Dia bertolak dari Wuhan menuju Bandara Internasioanl Incheon pada Minggu (19/1). 

Korban diisolasi ketika memasuki Korea Selatan dengan salah satunya gejala demam tinggi.

"Pasien terkonfirmasi itu terdeteksi dalam fase karantina dan tidak ada paparan masyarakat. Mereka yang telah melakukan kontak dengannya, termasuk penumpang dan kru pesawat, saat ini sedang diinvestigasi," kata KCDC.

Menurut KCDC, pasien mengatakan kepada otoritas Korea Selatan bahwa dia merasakan gejala seperti demam, menggigil dan nyeri otot pada Sabtu, dan telah menerima resep obat flu di rumah sakit di Wuhan.

KCDC menaikkan tingkat kewaspadaan penularan dari "perhatian" menjadi "peringatan" menyusul kasus terkonfirmasi pertama virus tersebut dan akan memperluas pengawasan.

Pemerintah kota dan provinsi di Korea Selatan akan mengoperasikan sistem karantina darurat sepanjang waktu, termasuk selama libur Tahun Baru Imlek yang dimulai akhir pekan ini.

Lebih dari 200 orang terkonfirmasi menderita virus yang mewabah di Kota Wuhan, China, termasuk dua di Thailand dan satu lagi di Jepang. Sementara, tiga orang meninggal sehingga memicu keprihatinan soal penyebaran virus tersebut. (Ant)

Sponsored
Berita Lainnya