sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korea Utara klaim kembangkan vaksin Covid-19

Ilmuwan Korea Utara lakukan uji klinis pada vaksin Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 20 Jul 2020 14:32 WIB
Korea Utara klaim kembangkan vaksin Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 137568
Dirawat 39290
Meninggal 6071
Sembuh 91321

Dewan Penelitian Sains di Korea Utara pada Sabtu (18/7) mengklaim sedang mengembangkan vaksin untuk mengobati coronavirus jenis baru atau Covid-19.

Menurut sebuah laporan yang diunggah situs milik Komisi Sains dan Teknologi Korea Utara, Mirae, para ilmuwannya saat ini sedang melakukan uji klinis pada vaksin yang potensial untuk menangkal Covid-19.

Laporan tersebut menyebutkan, pengembangan vaksin dipimpin oleh lembaga biologi medis di bawah Academy of Medical Science di Korea Utara, menggunakan Ngiotensin-Converting Enzyme 2 (ACE2).

Pyongyang mengklaim telah mengonfirmasi imunogenisitas dan keamanan dari vaksin-vaksin kandidatnya melalui tes terhadap hewan. Sedangakn uji klinis terhadap manusia dikabarkan akan dimulai bulan ini.

Korea Utara mengatakan bahwa cabang bioteknologi dari State Academy of Sciences juga melakukan penelitian untuk pengembangan vaksin coronavirus jenis baru.

Namun, sejumlah pakar meragukan klaim tersebut, mengingat situasi keuangan dan medis Korea Utara dinilai kurang memadai.

Beberapa analis di Korea Selatan mengatakan, klaim itu mungkin semata-mata dimaksudkan untuk menggalang semangat rakyat sebagai propaganda domestik.

Korea Utara sejauh ini belum melaporkan satu pun kasus infeksi Covid-19. Mereka memperkuat langkah-langkah untuk mencegah penularan dengan menutup perbatasannya dengan China, setelah virus merebak di Kota Wuhan pada awal 2020. (The Korea Times dan Asahi Shimbun)

Sponsored
Berita Lainnya