sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korea Utara mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk

Keputusan politik ini juga akan memberikan dasar bagi pengembangan hubungan ekonomi antara kedua negara di masa depan.

Hermansah
Hermansah Kamis, 14 Jul 2022 11:52 WIB
Korea Utara mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk

Pemimpin Donetsk Denis Pushilin mengatakan, Korea Utara telah mengakui kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk (DPR).

"Republik Demokratik Rakyat Korea mengakui Republik Rakyat Donetsk," tulisnya di Telegram. "Status internasional Republik Rakyat Donetsk dan status kenegaraannya terus menguat. Ini adalah kemenangan diplomatik lain bagi kami," tambah Pushilin pada Rabu (13/7) waktu setempat..

Dia berterima kasih kepada Korea Utara atas dukungan besar untuk rakyat Donbass. 

"Keputusan politik ini juga akan memberikan dasar bagi pengembangan hubungan ekonomi di masa depan. Kemitraan bilateral akan memungkinkan perusahaan kami untuk memperluas perdagangan mereka. Saya menantikan kerja sama yang aktif dan bermanfaat," tegas Pushilin.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri DPR Natalya Nikonorova mengatakan bahwa pembicaraan sedang berlangsung dengan Korea Utara tentang pengakuan DPR.

Pada 21 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pengakuan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk. Perjanjian tentang persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik ditandatangani dengan para pemimpin mereka. Rusia menjalin hubungan diplomatik dengan DPR dan LPR pada 22 Februari 2022.

Ossetia Selatan mengakui DPR dan LPR sebagai negara merdeka pada 2014, menjalin hubungan diplomatik dengan Donetsk pada Mei 2017 dan dengan Lugansk pada Mei 2019. Presiden Abkhazia Aslan Bzhaniya menandatangani dekrit yang mengakui kemerdekaan kedua republik pada 25 Februari 2022.

Pada 29 Juni , Suriah memutuskan untuk mengakui kedua republik Donbass. Sebagai tanggapan, Ukraina mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Damaskus.

Sponsored

 

 

Sumber: TASS

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid