sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korsel berusaha kembali jalin dialog dengan Korut

Hubungan kedua negara telah membeku sejak runtuhnya KTT di Hanoi antara Korea Utara dan Amerika Serikat pada 2019.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 17 Sep 2020 11:51 WIB
Korsel berusaha kembali jalin dialog dengan Korut
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 282724
Dirawat 61686
Meninggal 10601
Sembuh 210437

Menteri Unifikasi Korea Selatan Lee In-young pada Rabu (16/9) menyatakan, pihaknya masih terus berusaha membuka kembali dialog dengan Korea Utara.

Sangat sedikit dari janji yang ditandatangani oleh Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada KTT Pyongyang 2018 telah terwujud. Janji-janji tersebut termasuk tim olahraga gabungan, jaringan transportasi, dan kunjungan Kim Jong-un ke Seoul.

Hubungan kedua negara telah membeku sejak runtuhnya KTT di Hanoi antara Korea Utara dan Amerika Serikat pada 2019. Kemudian pada Juni, relasi antara kedua negara kembali memburuk setelah Pyongyang meledakkan kantor penghubung gabungan yang terletak di sisi perbatasannya.

Namun, Menteri Lee In-young masih berharap bahwa hubungan kedua negara dapat segera membaik.

"Saya berharap saluran komunikasi, termasuk kantor penghubung antar-Korea, dapat dipulihkan dan kami dapat melanjutkan dialog berpikiran terbuka pada tanggal yang lebih awal," tutur dia.

Untuk mengupayakan kembali hubungan bilateral yang terhambat, Menteri Lee menyatakan, pemerintah Korea Selatan akan memulai pendekatan kecil dengan memberikan bantuan bagi bidang kesehatan.

Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam konferensi pers yang digelar di depan pohon pinus yang ditanam bersama oleh Presiden Moon dan Kim Jong-un pada 2018 di Panmunjom, zona demiliterisasi yang berada di tengah-tengah kedua negara.

Dengan masa jabatan yang tersisa kurang dari dua tahun, banyak ahli yang menilai Presiden Moon hampir kehabisan waktu untuk mewujudkan salah satu agenda utama pada masa pemerintahannya yakni memperjuangkan hubungan yang lebih baik dengan Pyongyang. (The Straits Times dan Xinhua)
 

Sponsored
Harga rumah mewah kian murah

Harga rumah mewah kian murah

Senin, 28 Sep 2020 15:10 WIB
Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Minggu, 27 Sep 2020 17:55 WIB
Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB