sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Lebih dari 40 narapidana tewas akibat kerusuhan di penjara Brasil

Selama dua hari, lebih dari 40 orang tewas dalam kekerasan terbaru di penjara Brasil.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Selasa, 28 Mei 2019 12:30 WIB
Lebih dari 40 narapidana tewas akibat kerusuhan di penjara Brasil

Setidaknya 42 narapidana ditemukan tewas di empat penjara di Manaus, ibu kota negara bagian Amazonas, Brasil, pada Senin (27/5). Sehari sebelumnya, 15 orang dilaporkan tewas dalam perkelahiran antar geng yang juga terjadi di penjara di Manaus.

Satuan tugas federal sedang dikirim ke Manaus dalam upaya untuk menghentikan kekerasan.

Bentrokan penjara seringkali menyebar dengan cepat di Brasil, di mana geng-geng narkoba secara de facto menguasai hampir seluruh rumah tahanan.

Pada Januari 2017, hampir 150 tahanan tewas dalam kekerasan yang berlangsung selama tiga minggu di Brasil utara dan timur laut, ketika gerombolan lokal yang didukung oleh dua faksi narkoba terbesar Brazil, the First Capital Command dan the Red Command, saling membantai satu sama lain.

Sebuah pernyataan dari departemen pemasyarakatan negara bagian Amazonas mengonfirmasi jumlah kematian pada Senin dan mengatakan pihak berwenang telah mendapatkan kembali kendali atas empat penjara. Tidak ada detail lain yang diberikan.

Pihak berwenang menuturkan, 15 narapidana yang tewas pada Minggu dicekik atau ditikam dengan sikat gigi yang telah diasah.

Presiden Jair Bolsonaro yang berhaluan kanan telah bersumpah untuk mendapatkan kembali kendali atas penjara di negaranya. Di lain sisi, dia menjanjikan untuk membangun lebih banyak penjara.

Sebagian besar penjara dikelola di tingkat negara bagian. Selama beberapa dasawarsa, penjara-penjara di Brasil telah sangat padat dan di luar kendali pemerintah setempat. Bahkan rutan-rutan di Negeri Samba menjadi pusat perekrutan geng narkoba.

Sponsored


Sumber : The Guardian

Bara dalam sekam di 'DPP Airlangga'

Bara dalam sekam di 'DPP Airlangga'

Rabu, 29 Jan 2020 17:59 WIB
Di Priok, luka lama itu masih membekas...

Di Priok, luka lama itu masih membekas...

Selasa, 28 Jan 2020 19:15 WIB
Berita Lainnya