sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mantan Presiden AS George HW Bush meninggal

George HW Bush meninggal di usia ke-94 di Houston, Texas.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Sabtu, 01 Des 2018 14:39 WIB
Mantan Presiden AS George HW Bush meninggal

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George Herebert Walker Bush atau dikenal George Bush Senior, meninggal dunia di usia ke-94. Bush Senior menghembuskan napas terakhirnya di Houston, Texas, pada Jumat (30/11) pukul 22.10 waktu setempat.

Juru bicara Bush Senior, Jim McGrath, yang mengabarkan berita duka ini, menyatakan pihak keluarga belum mengatur jadwal pemakaman untuk Presiden AS ke-41 itu. Ia juga tak merinci kondisi yang terjadi sebelum Bush Senior meninggal.

Pada April 2018 lalu, Bush Senior sempat dilarikan ke rumah sakit karena infeksi yang dialaminya. Kematian Bush Senior, terjadi tujuh bulan setelah istrinya, Barbara, meninggal dunia pada 17 April 2018 lalu.

Bush Senior merupakan putra dari pasangan senator Prescott Sheldon Bush dan Dorothy Walker Bush. Ia lahir di Milton, Massachusetts pada 12 Juni 1924. 

Ia merupakan ayah dari presiden Amerika Serikat ke-43, George Walker Bush. Anak Bush Senior yang lain, Jeb Bush, merupakan Gubernur Florida periode 1999-2007.

"Saya beserta Jeb, Neil, Marvin, dan Doro, dengan penuh duka cita mengumumkan bahwa setelah 94 tahun, Ayah kami meninggal dunia," demikian pernyataan G.W Bush.

Bush Senior menjabat sebagai presiden pada periode 1989-1993. Ia dikalahkan oleh Bill Clinton saat bertarung untuk memperpanjang masa jabatannya. 

Sponsored

Salah satu kebijakan Bush yang menjadi sorotan adalah saat memerintahkan militer AS untuk mengintervensi Kuwait, demi mengusir Irak yang dipimpin Saddam Husein. Kebijakan itu yang memicu lahirnya kondisi yang saat ini dikenal dengan Perang Teluk. 

(Sumber: Reuters, BBC)

Berita Lainnya