sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menhan AS telepon Prabowo, bahas isu pertahanan bilateral

Kedua belah pihak mencatat pentingnya pertukaran militer bilateral.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 21 Nov 2020 20:39 WIB
Menhan AS telepon Prabowo, bahas isu pertahanan bilateral
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 563.680
Dirawat 80.023
Meninggal 17.479
Sembuh 466.178

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat pada Jumat (20/11) menyatakan, Plt Menteri Pertahanan AS Christopher Miller telah berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk membahas prioritas pertahanan bilateral.

"Kedua pemimpin berbagi keinginan mereka untuk meningkatkan keterlibatan pertahanan antara Indonesia dan AS," jelas pernyataan tertulis Kemenhan AS.

Lebih lanjut, pernyataan tersebut menuturkan bahwa kedua belah pihak mencatat pentingnya pertukaran militer bilateral dan berkomitmen untuk memperkuat kesempatan pendidikan dan pelatihan antara kedua negara.

Selain itu, kedua pihak pun sepakat memperkuat pendidikan dan pelatihan militer antara kedua negara.

"Miller dan Prabowo juga membahas pengadaan pertahanan AS yang akan mendukung modernisasi pertahanan Indonesia," demikian dikutip dalam pernyataan tersebut.

Pada 15-19 Oktober, Menhan Prabowo sempat melawat ke Negeri Paman Sam dan mengadakan pertemuan dengan Menhan AS kala itu, Mark Esper.

Tidak lama setelah itu, pada pertengahan November, Presiden AS Donald Trump memecat Esper dan menggantikannya dengan Miller.

Dalam kunjungan tersebut, Prabowo menyepakati sejumlah kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS, terutama di bidang militer dan maritim.

Sponsored

Menurut keterangan tertulis KBRI Washington DC, salah satu kerja sama yang disepakati merupakan kemitraan di bidang pendidikan militer, yakni pelatihan bagi para taruna atau kadet TNI di AS.

Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kamis, 03 Des 2020 16:21 WIB
Berita Lainnya