sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menkes Brasil putuskan mundur di tengah pandemi Covid-19

Nelson Teich kerap mengkritik kebijakan Jair Bolsonaro

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 16 Mei 2020 18:53 WIB
Menkes Brasil putuskan mundur di tengah pandemi Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Menteri Kesehatan Brasil Nelson Teich memutuskan mengundurkan diri setelah kurang dari sebulan mendapatkan jabatan tersebut.

Pengunduran Teich dipicu adanya ketidaksepakatan dengan Presiden Jair Bolsonaro terkait cara pemerintah merespons Covid-19.

Dalam konferensi pers, Teich tidak memberikan alasan pasti atas pengundurannya. Dia hanya berterima kasih kepada Bolsonaro karena memberinya kesempatan untuk melayani sebagai menteri.

Teich sebelumnya mengkritik dekrit yang diterbitkan Presiden Bolsonaro yang memungkinkan pembukaan salon dan pusat kebugaran.

Dia juga tidak setuju dengan kebijakan Bolsonaro untuk menggunakan klorokuin sebagai obat untuk merawat pasien Covid-19. Pasalnya, belum ada bukti yang menyatakan bahwa obat tersebut berfungsi secara efektif.

Presiden Bolsonaro memang secara konsisten menentang langkah-langkah pembatasan sosial yang diterapkan sebagian besar gubernur untuk mengontrol penyebaran virus.

Namun, belakangan dia menuai kritik global setelah meremehkan virus itu sebagai flu ringan dan menyatakan bahwa penyebaran Covid-19 tidak terhindarkan.

Teich adalah menteri kesehatan kedua yang meninggalkan jabatannya dalam waktu kurang dari sebulan. Pendahulunya, Luiz Henrique Mendetta dipecat pada April setelah Bolsonaro secara terbuka mengkritiknya karena mendesak orang untuk melakukan social distancing.

Sponsored

Brasil sejauh ini mencatat 220.885 kasus positif Covid-19, termasuk 14.962 kematian dan 84.970 pasien yang dinyatakan sembuh. (BBC)

Berita Lainnya