sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu: ASEAN harus tegas soal Laut China Selatan

Menlu Retno menekankan pentingnya menghormati hukum internasional terkait LCS.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 25 Jun 2020 16:56 WIB
Menlu: ASEAN harus tegas soal Laut China Selatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan, ASEAN harus mengirim pesan yang jelas dan tegas tentang pentingnya menghormati hukum internasional. Hal itu disampaikan Menlu terkait sengketa wilayah dan tumpang tindih klaim di Laut China Selatan (LCS).

"ASEAN harus dengan tegas menekankan pentingnya menghormati prinsip hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk UNCLOS 1982," jelas dia dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (25/6).

ASEAN, sambung Menlu, juga harus menegaskan kembali posisinya untuk memastikan bahwa semua negara berkontribusi dalam menciptakan kawasan yang damai, stabil, dan makmur.

Selain membahas mengenai LCS, Retno juga menyampaikan harapan Indonesia terkait KTT ASEAN yang akan diselenggarakan pada Jumat (26/6).

Sponsored

Menurutnya, KTT ASEAN akan menjadi kesempatan bagi para pemimpin ASEAN untuk lebih lanjut mengonsolidasikan dan mengoordinasikan upaya memerangi Covid-19 dan dampaknya.

"Bagi Indonesia, KTT ini akan menjadi peluang untuk membahas dua hal penting. Yang pertama, ASEAN harus memperkuat relevansi dan sentralitasnya di tengah tantangan geopolitik, terutama dalam menghadapi peningkatan persaingan kekuatan besar di kawasan," jelas Menlu Retno.

Alasan kedua, lanjut Menlu Retno, ASEAN harus meningkatkan kapasitas kolektifnya untuk mengurangi beban akibat pandemik Covid-19 dan mendorong pemulihan ekonomi di kawasan.

Berita Lainnya