sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu China akan kunjungi Indonesia

Wang juga akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo sebelum melanjutkan perjalanannya ke Brunei Darussalam.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 11 Jan 2021 14:40 WIB
Menlu China akan kunjungi Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying pada Minggu (10/1) mengatakan, kunjungan tersebut akan berlangsung dari 11-16 Januari.

Hua menambahkan, Wang akan mengunjungi sejumlah negara Asia Tenggara atas undangan Aung San Suu Kyi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Erywan bin Pehin Yusof, serta Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin.

Selain bertemu Menlu Retno, saat di Indonesia pada Rabu (13/1), Menlu Wang juga dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan.

Wang juga akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo sebelum melanjutkan perjalanannya ke Brunei Darussalam dan Filipina.

Kunjungan kenegaraan tersebut dilakukan selang satu hari setelah Menlu Wang menyelesaikan kunjungan intensif ke lima negara Afrika dalam enam hari terakhir.

Menurut para analis, kunjungan ke Asia Tenggara tersebut menunjukkan bahwa China akan mengalihkan lebih banyak fokus ke diplomasi tetangga yang akan membantu mengonsolidasikan persahabatannya dengan negara-negara setelah melalui beberapa gangguan dan kemunduran dalam beberapa tahun terakhir.

Kunjungan tersebut datang di tengah gangguan pandemik Covid-19 yang meningkatkan ketegangan antara China dan Amerika Serikat.

Sponsored

Perjalanan Wang datang tiga bulan setelah kunjungan terakhirnya ke Kamboja, Malaysia, Laos, dan Thailand dengan singgah di Singapura.

Pada September 2020, Wang Yi dan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe melakukan kunjungan ke empat negara anggota ASEAN. Sebelumnya, pada Agustus 2020, Yang Jiechi, anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China, mengunjungi Singapura.

"Kunjungan ini akan membantu mengonsolidasikan hubungan China dengan negara-negara Asia Tenggara dan memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang China dengan merumuskan sikap objektif pada hubungan China-AS dan urusan terkait lainnya," tutur Zhuang Guotu, kepala Pusat Studi Asia Tenggara Xiamen University.

 

Sumbrt: CGTN dan Global Times
 

Berita Lainnya