sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu Retno: 3 pemimpin takkan hadir KTT ASEAN

KTT ASEAN tersebut akan digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Sabtu (24/4).

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 23 Apr 2021 18:38 WIB
Menlu Retno: 3 pemimpin takkan hadir KTT ASEAN

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menyatakan, tiga pemimpin telah menyatakan tidak dapat menghadiri KTT ASEAN tentang Myanmar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Sabtu (24/4). Mereka adalah pemimpin Thailand, Laos, dan Filipina.

"Presiden RI, Joko Widodo, telah melakukan pembicaraan juga dengan Perdana Menteri Thailand kemarin dan membahas persiapan ASEAN's Leaders Meeting (ALM) ini," jelasnya dalam keterangan pers secara virtual pada Jumat (23/4).

Lebih lanjut, Retno menyatakan, PM Thailand menyampaikan permintaan maaf karena tidak dapat hadir atas pertimbangan pandemi Covid-19 di dalam negeri.

"Proses persiapan terus dilakukan pada tingkat Senior Official's Meeting (SOM) dan para menlu ASEAN," jelas dia.

Retno mengaku, telah bertemu menteri luar negeri Brunei Darussalam dan Malaysia.

"Nanti malam, saya akan menjadi tuan rumah jamuan makan malam dengan seluruh menlu ASEAN yang sudah hadir di Jakarta," tutur dia. "Tentunya, kita akan kembali membahas persiapan terakhir."

Dirinya berharap, ALM besok akan mencapai kesepakatan tentang langkah yang baik bagi rakyat Myanmar dan membantu "Tanah Pagoda Emas" keluar dari situasi dalam negeri.

"ALM ini merupakan pertemuan tatap muka para pemimpin ASEAN di tengah pandemi," jelasnya. 
"Pelaksanaan ALM dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat."

Sponsored

Retno memaparkan, komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi atas kekhawatiran terhadap situasi di Myanmar dan tekad ASEAN membantu.

Dia melanjutkan, ALM merupakan inisiatif Indonesia dan tindak lanjut pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Berita Lainnya