sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu Retno: ASEAN-RI siap kerja sama dengan Biden

Indonesia dan ASEAN siap bekerja sama untuk memperkuat kemitraan dengan AS pada masa mendatang.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 10 Nov 2020 19:07 WIB
Menlu Retno: ASEAN-RI siap kerja sama dengan Biden
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 506.302
Dirawat 64.878
Meninggal 16.111
Sembuh 425.313

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi memberikan ucapan selamat Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangannya pada Pilpres Amerika Serikat (AS) 2020.

"Sebagaimana telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kami menyambut baik terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) AS dalam pemilu yang baru dilakukan beberapa hari yang lalu," ujar Menlu Retno dalam pengarahan media secara virtual, Selasa (10/11).

Dalam ASEAN Ministerial Meeting (AMM) pada Selasa, Menlu Retno menegaskan, bahwa Indonesia dan ASEAN siap bekerja sama untuk memperkuat kemitraan dengan AS pada masa mendatang.

"Tentunya, kemitraan itu didasari oleh prinsip kesetaraan, saling menghargai, dan saling menguntungkan," ucap Retno.

Dia menambahkan, kemitraan ASEAN dan Indonesia dengan AS juga memegang teguh prinsip dan nilai multilateralisme, penghormatan terhadap kedaulatan, serta integritas wilayah dan hukum internasional.

Lebih lanjut, Menlu Retno berharap, Negeri Paman Sam dapat mendorong perdamaian dan kesejahteraan di kawasan.

"Kami berharap AS dapat menjadi kekuatan positif untuk perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan, serta menjadi mitra ASEAN dalam mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," lanjut dia.

Presiden Jokowi menjadi salah satu nama pemimpin dunia yang telah memberikan ucapan selamat kepada Biden dan wakilnya, Kamala Harris. Menunggu 12 jam setelah pengumuman mengenai pemungutan suara di Pennsylvania, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia menantikan babak baru kerja sama dengan AS.

Sponsored

"Saya menantikan bekerja sama dengan Anda dalam memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS dan mendorong kerja sama kita di bidang ekonomi, demokrasi dan multilateralisme untuk kepentingan raykat," twit Jokowi pada Minggu (8/10).

Berita Lainnya