sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu Retno tegaskan pelaku bom di Filipina bukan WNI

Berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh dari Western Mindanao Command (Westmincom) pelaku bom bunuh diri adalah dua wanita.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 27 Agst 2020 16:12 WIB
Menlu Retno tegaskan pelaku bom di Filipina bukan WNI
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Kamis (27/8) menegaskan, pelaku pengeboman bunuh diri di Jolo, Filipina, bukan WNI.

Menlu Retno menyatakan, berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh dari Western Mindanao Command (Westmincom) pelaku bom bunuh diri adalah dua wanita.

"Kedua pelaku, menurut informasi tersebut, diidentifikasi sebagai warga lokal," jelas Retno dalam pengarahan media secara virtual, Kamis (27/8).

Menurut Westmincom, pelaku pertama diidentifikasi sebagai istri dari pelaku pengeboman bunuh diri di Jolo pada Juni 2019. Sementara itu, pelaku kedua adalah istri dari anggota Abu Sayyaf.

Sponsored

Bom kembar di Jolo pada Senin (24/8) menyebabkan belasan orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka. Menlu Retno menambahkan, sejauh ini, tidak ada WNI yang menjadi korban dalam kedua peristiwa ledakan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Retno menyampaikan belasungkawa dan ucapan dukacita kepada masyarakat dan pemerintah Filipina atas insiden tersebut.

"Pemerintah Indonesia, melalui KBRI Manila dan KJRI Davao, terus berkoordinasi dengan otoritas Filipina untuk memantau perkembangan situasi ini dengan seksama," lanjut dia.

Berita Lainnya