sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu RI-AS ungkap keprihatinan atas kudeta di Myanmar

Washington anggap Jakarta sebagai mitra vital.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 17 Feb 2021 12:11 WIB
Menlu RI-AS ungkap keprihatinan atas kudeta di Myanmar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken melakukan percakapan via telepon pada Selasa (16/2). Kudeta militer di Myanmar, yang terjadi pada 1 Februari, menjadi salah satu pembahasan kedua menlu.

"Kedua menlu mengungkapkan keprihatinan yang mendalam atas kudeta di Burma," jelas pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri AS, menggunakan nama lain Myanmar.

Dalam pernyataan terpisah, Menlu Retno menuturkan bahwa dirinya dan Menlu Blinken juga membahas masalah regional dan global termasuk isu Palestina, Afghanistan, dan Myanmar. Hubungan bilateral Indonesia-AS, jelas Retno, akan terus berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan baik regional maupun global.

"Kami berdua sepakat tentang pentingnya memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS, serta kerja sama perdagangan dan investasi," lanjutnya.

Retno menambahkan, Washington memandang Jakarta sebagai mitra vital, pemimpin penting di kawasan Indo-Pasifik, serta mitra ekonomi yang penting.

Senada dengan Menlu Retno, Kemlu AS menyampaikan bahwa Blinken menegaskan pentingnya kemitraan strategis antara kedua negara bagi kemakmuran dan keamanan kedua bangsa.

"Kedua menlu membahas peluang peningkatan perdagangan dan investasi antara Amerika Serikat dan Indonesia," tutur pernyataan itu lebih lanjut.

Menlu Blinken juga membahas peran utama sentralitas ASEAN di Indo-Pasifik, serta menggarisbawahi pentingnya dalam melindungi dan menjaga Laut Cina Selatan (LCS) yang bebas dan terbuka.

Sponsored

Menlu Blinken pun berterima kasih kepada Menlu Retno atas usaha yang penting dalam membawa perdamaian di Afghanistan, memuji kepemimpinannya sebagai teladan positif bagi perempuan dan anak perempuan, serta mencatat bahwa sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki wawasan khusus yang dapat ditawarkan kepada rakyat Afghanistan dalam usaha penyelesaian masalah politik.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

DC garap film reboot Superman berkulit hitam

Senin, 01 Mar 2021 15:53 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB