sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mesir angkat penganut Kristen Koptik jadi kepala MK untuk pertama kalinya

Hakim Boulos Fahmy adalah orang ke-19 yang memimpin Mahkamah Konstitusi sejak didirikan pada 1969.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Jumat, 11 Feb 2022 11:19 WIB
Mesir angkat penganut Kristen Koptik jadi kepala MK untuk pertama kalinya

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi melantik penganut Kristen Koptik menjadi Kepala Konstitusi untuk pertama kalinya. Hakim Boulos Fahmy adalah orang ke-19 yang memimpin Mahkamah Konstitusi sejak didirikan pada 1969. Presiden el-Sissi memilih Fahmy yang berusia 65 tahun di antara lima hakim tertua dari 15 hakim yang duduk di pengadilan, seperti yang ditentukan oleh hukum.

Dikutip dari Associated Press Jumat (11/2), Fahmy menggantikan Hakim Saeed Marei, yang pensiun karena alasan kesehatan. Fahmy telah memimpin Sekretariat Jenderal pengadilan sejak 2014. Pengangkatannya sebagai hakim kepala telah disambut oleh banyak orang di negara mayoritas muslim itu.

Kepala Dewan Nasional Hak Asasi Manusia, Moushira Khattab, yang ditunjuk pemerintah memuji keputusan pengangkatan Fahmy sebagai peristiwa bersejarah dan langkah besar di bidang hak-hak politik dan sipil.

Namun, seorang ahli terkemuka tentang urusan Kristen di Mesir, Ishak Ibrahim,  mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa langkah itu akan berdampak kecil dalam mengakhiri diskriminasi terhadap orang Kristen karena mereka sangat kurang terwakili di lembaga-lembaga negara Mesir. "Keputusan ini tidak akan berdampak signifikan pada penghapusan diskriminasi dan memastikan kesempatan bagi semua warga negara dengan keadilan dan kesetaraan," katanya.

Sponsored

Lebih lanjut Ibrahim mengatakan persentase orang Kristen Koptik yang memegang jabatan hanya sekitar 2% dari total pemangku kepentingan strategis di negara itu. Aktivis juga menyatakan orang-orang Kristen Koptik sengaja dijauhkan dari jabatan tinggi. Padahal agama ini memiliki populasi sekitar 10% dari total lebih dari 102 juta penduduk Mesir.

Sejak menjabat pada  2014, sebagian besar orang Kristen telah melihat el-Sissi sebagai pelindung dan sekutu mereka yang menentang kaum Islamis. Dia biasanya menghadiri Misa Natal Ortodoks sebagai bentuk solidaritas dengan orang-orang Koptik.

Dia juga telah mengambil langkah-langkah untuk memberdayakan orang Kristen, termasuk penunjukan wanita Kristen Koptik pertama kalinya sebagai gubernur provinsi pada 2018. Dia juga mengizinkan pembangunan gereja di seluruh negeri setelah beberapa dekade dilakukan pembatasan.

Berita Lainnya
×
tekid