sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mulai 7 September, WNI dilarang masuk Malaysia

Malaysia memperketat pengawasan perbatasan cegah penyebaran Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 02 Sep 2020 12:02 WIB
Mulai 7 September,  WNI dilarang masuk Malaysia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 511.836
Dirawat 64.878
Meninggal 16.225
Sembuh 429.807

Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob pada Selasa (1/9) menyatakan, mulai 7 September, Malaysia akan melarang masuk warga negara Indonesia, India, dan Filipina.

"Kami sudah mulai memperketat pengawasan perbatasan dengan tidak mengizinkan orang-orang dari tiga negara itu masuk," jelas Ismail.

Larangan tersebut akan berlaku bagi mereka yang memiliki izin masuk jangka panjang, pelajar asing, ekspatriat, serta penduduk tetap.

Sebelumnya, semua turis asing telah dilarang masuk ke Malaysia sejak Maret. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran kasus impor Covid-19.

Pemerintah Malaysia memperpanjang langkah-langkah untuk mengekang penyebaran pandemik hingga akhir 2020. "Virus masih aktif menyebar di seluruh dunia," kata Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam pidatonya pada pekan lalu.

Filipina, diikuti oleh Indonesia, mencatat jumlah kasus Covid-19 terbesar di Asia Tenggara. Sementara itu, India melaporkan total infeksi mendekati empat juta.

Menhan Ismail menyebut, pemerintah Malaysia akan terus memantau situasi dan dapat memperluas pembatasan jika kasus infeksi Covid-19 meningkat di lebih banyak negara.

Direktur Jenderal Kesehatan Noor Hisham Abdullah mengatakan bahwa meskipun tingkat infeksi di Malaysia mulai terkendali, pemerintah juga harus memperhitungkan perkembangan penyebaran Covid-19 di negara-negara lain. (Bloomberg dan Free Malaysia Today)

Sponsored
Berita Lainnya