logo alinea.id logo alinea.id

Pasca-Brexit, Inggris akan tunjuk Dubes untuk ASEAN

Penunjukan duta besar ini merupakan upaya Inggris untuk meningkatkan kerja sama dan keterlibatan dengan ASEAN.

Valerie Dante Kamis, 10 Jan 2019 17:13 WIB
Pasca-Brexit, Inggris akan tunjuk Dubes untuk ASEAN

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Inggris Simon McDonald bertemu dengan Deputi Sekretaris Jenderal Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (APSC) Hoang Anh Tuan dan Deputi Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Aladdin D. Rillo untuk membahas kelanjutan hubungan Inggris dan ASEAN pasca-Brexit.

Didampingi oleh 10 duta besar Inggris untuk seluruh anggota ASEAN, McDonald mengumumkan rencana untuk menunjuk duta besar Inggris untuk ASEAN setelah negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II itu resmi bercerai dari Uni Eropa.

"Selama ini hubungan antara Inggris dan ASEAN selalu ditengahi oleh Uni Eropa. Ketika nanti kita tidak akan berada di Uni Eropa, kita harus melakukan ini sendiri," tutur McDonald di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (10/1).

Langkah ini, lanjutnya, merupakan upaya Inggris untuk meningkatkan kerja sama dan keterlibatan dengan ASEAN.

"Saat ini Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik juga berfungsi sebagai duta besar untuk ASEAN, tetapi sekarang kami pikir kami perlu mendedikasikan tanggung jawab ini secara khusus," lanjutnya.

Dia menuturkan, para deputi Sekjen ASEAN menyambut keputusan ini sebagai dasar yang baik untuk pengembangan hubungan kedua belah pihak di masa mendatang.

Meski belum dapat dipastikan kapan persisnya dubes Inggris untuk ASEAN akan memulai misinya, McDonald menegaskan bahwa hal ini akan terlaksana pada 2019.

"Infrastrukturnya sudah ada tetapi penunjukan akan segera dilakukan," ungkapnya.

Sponsored

McDonald mengungkapkan, ke depannya Inggris ingin meningkatkan hubungan dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

"Fokus kami dalam 45 tahun terakhir tercurah di Eropa. Ke depannya, tanpa bermaksud mengabaikan Eropa, tetapi kami akan menekankan keterbukaan ke seluruh dunia termasuk negara-negara anggota ASEAN," jelas McDonald. "Dubes Malik dan timnya di sini juga sudah bekerja maksimal. Dalam tiga tahun terakhir, kami bahkan meningkatkan performa tim hingga 20%."

Dia menilai bahwa misi diplomatik di Jakarta merupakan yang terbesar dan menjadi prioritas Inggris di kawasan Asia Tenggara.