sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pembelian alkes disetujui, Spanyol: Terima kasih Turki

Pada Jumat (3/4), spekulasi muncul di media Spanyol menyebutkan bahwa Turki menyita dan memblokir muatan alat medis ke luar negeri.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Minggu, 05 Apr 2020 09:33 WIB
Pembelian alkes disetujui, Spanyol: Terima kasih Turki
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 389.712
Dirawat 62.649
Meninggal 13.299
Sembuh 313.764

Menteri Luar Negeri Spanyol Arancha Gonzalez Laya berterima kasih kepada Turki pada Sabtu (4/4) karena mengizinkan pembelian alat kesehatan (alkes).

"Terima kasih, #Turki @MevlutCavusoglu atas otorisasi ekspor respirator yang dibeli oleh dua komunitas otonom kami Navarra & Castilla-La Mancha menyusul urgensi di Spanyol, kami menghargai sikap yang ditunjukkan Turki sebagai seorang teman dan sekutu," twit Gonzales.

Pada Jumat (3/4), spekulasi muncul di media Spanyol menyebutkan bahwa Turki menyita dan memblokir muatan alat medis, termasuk peralatan yang dibeli oleh Spanyol, karena memfokuskan itu bagi warganya.

Berbicara dengan televisi lokal Cuatro beberapa menit sebelum mentwit, Gonzales menuturkan bahwa dia sangat menentang seluruh tuduhan tidak adil dan tidak akurat terhadap Turki. Gonzales mengkritik pernyataan partai oposisi dan laporan media.

"Perlu diketahui bahwa pernyataan semacam itu ... merusak hubungan bilateral kita (dengan Turki)," kata Gonzales.

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu juga mengonfirmasi pengiriman alkes dan merespons twit Gonzales dengan mengatakan bahwa Turki adalah sekutu Spanyol.

"Kami telah memberi otorisasi (ekspor) 116 ventilator ke Spanyol mengikuti instruksi dari Kementerian Kesehatan, dan mereka akan dikirim ke Spanyol dalam beberapa hari mendatang," ujar Cavusoglu.

Sponsored

Pengiriman muatan medis senilai 3 juta euro yang dibeli oleh pemerintah otonom Navarra dan Castilla-La Mancha dari perusahaan Turki tertunda karena pembatasan ekspor pasokan medis di Turki.

Turki sendiri telah memberi bantuan pasokan medis bagi Spanyol untuk memerangi pandemik Covid-19. Bantuan tersebut tiba di Spanyol dalam pekan ini.

Hingga berita ini diturunkan, Spanyol telah melampaui Italia dalam jumlah kasus Covid-10, dengan total 126,168. Dari jumlah itu, 11,947 orang meninggal dan 34,219 dinyatakan sembuh.

Adapun Turki mencatat 23,934 total kasus coronavirus jenis baru, termasuk di antaranya 501 orang meninggal dan 786 telah dinyatakan pulih. (Anadolu)

Berita Lainnya