logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah AS ganti rugi upah karyawan federal setelah shutdown berakhir

Government shutdown mengakibatkan 800.000 karyawan federal AS tidak menerima upah pertama mereka di 2019.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 17 Jan 2019 12:27 WIB
Pemerintah AS ganti rugi upah karyawan federal setelah shutdown berakhir

Presiden Donald Trump pada Rabu (16/1) menandatangani UU yang menjamin pembayaran kembali ratusan ribu pegawai pemerintah yang terpaksa cuti atau bekerja tanpa upah akibat penutupan pemerintahan atau government shutdown.

Keputusan ini merupakan perkembangan positif bagi para pekerja, pasalnya 800.000 karyawan tidak mendapat gaji pertama di tahun ini yang seharusnya diterima pekan lalu.

Shutdown ini terjadi setelah Trump menolak untuk menyetujui RUU belanja negara, kecuali jika itu termasuk dana senilai US$5,7 miliar bagi pembangunan dinding perbatasan dengan Meksiko. Demokrat menolak permintaan Trump tersebut.

UU mengenai pembayaran kembali ini bertujuan untuk mengganti rugi upah pekerja begitu shutdown berakhir. Akan tetapi UU ini hanya menjamin bahwa pekerja akan menerima gaji mereka setelah presiden resmi mengesahkan RUU belanja negara yang mengakhiri shutdown.

Seorang pejabat dari Serikat Pegawai Federal AS menjelaskan, para pekerja diperkirakan baru dapat menerima bayaran mereka setidaknya beberapa hari setelah penutupan pemerintah resmi berakhir. Menurutnya, dibutuhkan setidaknya dua hingga tiga hari bagi pemerintah untuk memproses penggajian.

UU ini dinilai dapat membantu mengatasi permasalahan utama yang lahir akibat shutdown, yakni banyaknya pekerja federal yang berjuang untuk menutupi biaya sehari-hari akibat tidak digaji oleh pemerintah.

Meski begitu, manfaat dari UU ini mungkin tidak dapat dirasakan dalam waktu dekat karena selama ini negosiasi terkait shutdown selalu berujung buntu.

Akibat sedikitnya kemajuan yang dibuat, Ketua DPR Nancy Pelosi pada Rabu mendesak Trump untuk menunda pidato kenegaraannya, yang dijadwalkan pada 29 Januari, sampai shutdown berakhir.

Sponsored

Sementara itu, Demokrat telah mengajukan usulan untuk melindungi pekerja federal dari kerugian shutdown.

Dua perwakilan Demokrat yakni Senator Brian Schatz dan anggota Kongres Derek Kilmer telah mendorong UU yang akan melarang tuan tanah dan kreditor menindak pekerja federal atau kontraktor yang tidak dapat membayar uang sewa atau uang pinjaman akibat menderita kerugian dari shutdown.

Shutdown AS telah berlangsung selama 26 hari dan belum jelas kapan akan berakhir. Setidaknya, keputusan terbaru Trump ini memastikan bahwa ratusan ribu pekerja federal akan tetap mendapatkan upah pertama mereka di tahun ini. (Vox)