sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pendukung Trump bentrok dengan pengunjuk rasa kontra di Washington

Sebanyak empat orang dibawa ke rumah sakit dengan luka tusuk yang berpontensi mengecam nyawa.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Minggu, 13 Des 2020 16:04 WIB
Pendukung Trump bentrok dengan pengunjuk rasa kontra di Washington

Aksi kekerasan terjadi di Jalan Washington DC, Amerika Serikat (AS). Beberapa kelompok bentrok dengan para pengunjuk rasa setelah pawai kaum konservatif yang memprotes kemenangan Joe Biden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020.

Masalah tersebut  mulai terjadi ketika massa membubarkan diri setelah demontrasi yang sebagian besar damai, pada Sabtu (12/12) oleh pendukung Trump yang menuduh tanpa bukti bahwa pemilihan pada 3 November 2020 dinodai oleh penipuan. 

Kelompok pengunjuk rasa Proud Boys pro Trump dan pengunjuk rasa Antifa berkelahi di jalan pusat kota, meskipun polisi sudah menggunakan semprotan merica pada anggota dari kedua sisi, saingan berkumpul kembali dan kekerasan terus berlanjut secara sporadis. 

Sebanyak empat orang dibawa ke rumah sakit dengan luka tusuk yang berpontensi mengecam nyawa. Menurut Washington Post, mengutip juru bicara pemadam kebakaran DC, Doug Buchanan. 

Polisi mengatakan 23 orang ditangkap. Diperkirakan sebanyak 200 anggota Proud Boys, telah bergabung dalam pawai sebelumnya pada hari Sabtu di dekat hotel Trump di ibu kota. Bercampur dengan kelompok gereja yang mendesak umat untuk berpartisipasi dalam 

Jericho Marches dan reli doa untuk presiden yang kalah, kontingen Proud Boys mengenakan seragam tempur dan rompi balistik, membawa helm dan isyarat tangan berkedip yang digunakan oleh nasionalis kulit putih.

Mereka meneriakkan penghinaan pada pengunjuk rasa Antifa yang bersaing dan membakar bendera Black Lives Matters, tetapi polisi berhasil memisahkan faksi–faksi tersebut sampai malam. 

Tak hanya itu, protes juga terjadi di beberapa daerah seperti Georgia, Pennsylvania, Michigan, Wisconsin, Nevada, dan Arizona, di mana tempat kampanye Trump berusaha untuk membatalkan penghitungan suara.

Sponsored

Media lokal di Olympia, ibu kota negara bagian Washington, melaporkan bahwa satu orang ditembak dan tiga lainnya ditangkap setelah bentrokan antara kelompok-kelompok  protes pro dan anti Trump. 

Bahkan, lebih dari 50 putusan pengadilan federal dan negara bagian telah mendukung kemenangan Biden. Pengadilan tertinggi AS pada hari Jumat menolak gugatan jangka panjang yang diajukan oleh Texas dan didukung oleh Trump yang berusaha untuk mengeluarkan hasil pemungutan suara di empat negara bagian.

"Apa pun keputusannya kemarin, semua orang menarik napas dalam-dalam," pensiunan jenderal militer Mike Flynn, mantan penasihat keamanan nasional Trump, mengatakan, kepada pengunjuk rasa di depan Mahkamah Agung (MA), merujuk pada penolakan pengadilan untuk mendengarkan kasus Texas.

"Tanggung jawab saya kepada Anda adalah kembali ke tempat asal Anda dan mengajukan tuntutan, Flynn memberi tahu orang banyak, tanpa lebih spesifik. Konstitusi AS bukan tentang kebebasan kolektif, tapi tentang kebebasan individu, dan mereka merancangnya seperti itu", katanya.

Trump menolak untuk mengakui kekalahannya, dengan menuduh tanpa bukti bahwa dia ditolak menang karena penipuan besar-besaran. Dalam perjalanannya ke pangkalan angkatan udara Andrews dan kemudian ke pertandingan sepak bola tahunan Angkatan Laut di New York, Trump melakukan tiga kali umpan dengan helikopter Marine One di atas para pengunjuk rasa yang bersorak-sorai.

Sebelumnya pada hari Sabtu, para pendukung Trump yang membawa bendera dan rambu-rambu berjalan dengan simpul kecil menuju kongres dan MA melalui pusat kota Washington, yang ditutup untuk lalu lintas oleh kendaraan polisi dan truk sampah. 

Beberapa demonstran mengenakan topeng, meskipun kematian dan kasus Covid-19 melonjak, bertentangan dengan arahan wali kota agar mereka dikenakan di luar. Beberapa ribu orang berunjuk rasa di Washington, lebih sedikit daripada selama protes serupa bulan lalu.

Ketika beberapa orang di kerumunan menggemakan teori konspirasi sayap kanan tentang pemilu, sebuah trailer yang ditarik truk mengibarkan bendera Trump 2020 dan tanda bertuliskan Trump Unity sambil meraung lagu country God Bless the USA.

"Jelas pemilu telah dicuri," kata Mark Paul Jones dari Delaware Water Gap, Pennsylvania, yang mengenakan topi era perang revolusioner tricorner saat ia berjalan menuju MA bersama istrinya.

Beberapa pengunjuk rasa merujuk pada mukjizat dalam alkitabiah dan dalam pidatonya Flynn juga mengatakan bahwa mereka semua di sini untuk mendapatkan mukjizat tersebut. Salah satu dari lima orang yang mampir di departemen kehakiman, Ron Hazard dari Morristown, New Jersey, tanduk domba jantan yang digunakan dalam upacara keagamaan Yahudi untuk meruntuhkan tembok spiritual korupsi.

"Kami percaya apa yang terjadi di daerah ini adalah hal yang penting. Ini adalah keseimbangan antara nilai-nilai alkitabiah dan nilai-nilai anti-alkitabiah, "kata Hazard. (Sumber theguardian)

Berita Lainnya