sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengganti PM Abe dipilih pada pertengahan September

Skenario utama adalah pemilihan diadakan pada 15 September.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 29 Agst 2020 18:34 WIB
Pengganti PM Abe dipilih pada pertengahan September
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang pada Sabtu (29/8), menyatakan mereka memilih pengganti Perdana Menteri Shinzo Abe sekitar pertengahan September.

Pada Jumat (28/8), PM Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan yang memburuk.

Pengumuman pengunduran diri Abe, akibat radang usus yang memburuk selama bertahun-tahun, menandai akhir masa jabatannya dan memulainya perlombaan untuk menggantikan perdana menteri yang paling lama menjabat di Jepang itu.

Dalam konferensi pers, Abe menolak menyebutkan nama kandidat yang menurutnya cocok untuk menjadi penggantinya.

Mantan Menteri Pertahanan Jepang Shigeru Ishiba dan mantan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida mengindikasikan berniat mencalonkan diri. Sementara Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dan Menteri Pertahanan Taro Kono juga dianggap sebagai kandidat potensial.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Taro Aso mengatakan, dia tidak berencana ikut perlombaan untuk menggantikan Abe.

Abe sebelumnya menyatakan menyerahkan pada pimpinan LDP untuk menentukan jadwal pemilihan partai. Dia yakin dapat mempertahankan kondisi kesehatannya sampai penggantinya dipilih.

Biasanya, partai harus mengumumkan pemilihan pemimpin sebulan sebelumnya, tetapi dalam kasus pengunduran diri mendadak, pemungutan suara luar biasa dapat dilakukan secepat mungkin di antara anggota parlemen dan partai.

Sponsored

Skenario utama adalah pemilihan diadakan pada 15 September. Namun, media lokal menyebut bahwa format dan tanggal akan secara resmi diputuskan pada Selasa (1/9). (Channel News Asia)

Berita Lainnya