close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
ilustrasi. foto Pixabay

Penjara AS lockdown setelah pertarungan fatal antar narapidana

Insiden, yang dianggap pertengkaran geng, terjadi pada hari Senin di sebuah penjara federal dengan keamanan tinggi di Beaumont, Texas.
swipe

Penguncian di penjara federal dilakukan di seluruh AS karena potensi kekerasan setelah perkelahian fatal terjadi antar narapidana.

Insiden, yang dianggap pertengkaran geng, terjadi pada hari Senin di sebuah penjara federal dengan keamanan tinggi di Beaumont, Texas. Akibatnya, dua tahanan tewas dan dua lainnya luka-luka. 

Sistem penjara federal AS akhirnya memberlakukan tindakan yang penguncian kepada lebih dari 100.000 narapidana di dalam sel mereka. Larangan kunjungan pun diberlakukan. Menurut Biro Penjara (BOP), tindakan tersebut bersifat sementara dan dilakukan dalam upaya untuk mencegah kekerasan meluas.

Associated Press (AP) melaporkan bahwa anggota geng MS-13 atau Mara Salvatrucha terlibat dalam perkelahian tersebut. Geng yang berasal dari LA pada tahun 1970-an ini dikenal sangat kejam dan terlibat dalam perdagangan narkoba.

Andrew Pineda yang berusia 34 tahun dan Guillermo Riojas yang berusia 54 tahun telah diidentifikasi sebagai dua korban fatal dalam pertarungan tersebut. Menurut laporan, keduanya memiliki catatan kriminal yang berat dan telah terlibat dalam pertengkaran sebelumnya di penjara.

AP juga melaporkan bahwa pejabat BOP khawatir atas kekerasan tersebut yang memunculkan potensi pembalasan.

Tindakan penguncian itu, meskipun jarang, telah diberlakukan sebelumnya pada kesempatan pemberontakan di US Capitol pada tahun 2021 dan lonjakan kematian karena virus Covid-19 ketika awal pandemi.(telesurenglish)

Penjara AS lockdown setelah pertarungan fatal antar narapidana
Rabu, 02 Februari 2022 08:17
Artikel ditulis oleh
img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan