sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Per September, WNA dapat masuk ke Singapura tanpa karantina

WNA yang diizinkan bebas karantina adalah mereka yang sudah divaksinasi secara penuh terhadap Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 27 Jul 2021 12:41 WIB
Per September, WNA dapat masuk ke Singapura tanpa karantina

Pemerintah Singapura pada Senin (26/7) menetapkan target untuk dapat mengizinkan warga negara asing dan pelancong masuk ke negara tersebut tanpa karantina mulai September 2021.

Warga yang diizinkan bebas karantina adalah mereka yang sudah divaksinasi secara penuh terhadap Covid-19.

Menteri Keuangan Lawrence Wong menjelaskan, Singapura akan membangun koridor perjalanan (travel corridor) dengan sejumlah negara atau wilayah yang terbukti dapat mengendalikan Covid-19.

Lebih lanjut, Wong menuturkan bahwa mereka yang divaksinasi kemungkinan besar tidak perlu lagi dikarantina atau diizinkan untuk melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

Singapura juga akan meninjau apakah akan melonggarkan pembatasan sosial pada awal Agustus, ketika dua pertiga dari populasinya akan sepenuhnya diinokulasi.

"Pelonggaran pembatasan akan dibedakan dan diperluas hanya untuk orang yang telah divaksinasi, karena mereka jauh lebih terlindungi dari efek Covid-19," kata Wong. "Jika Anda ingin pergi makan di restoran atau berolahraga di gym, Anda harus divaksinasi sepenuhnya."

Pekan lalu, negara itu memperketat pembatasan sosial, termasuk melarang makan di restoran dan melarang pertemuan lebih dari dua orang selama satu bulan. Langkah ini dilakukan setelah Singapura mencatat lonjakan infeksi.

Lebih dari separuh populasi di negara tersebut telah menerima kedua dosis vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna. Pemerintah dilaporkan telah menginokulasi hampir 75% dari 5,7 juta warganya dengan setidaknya satu dosis vaksin, tingkat tertinggi kedua di dunia di belakang Uni Emirat Arab (UEA).

Sponsored

Dalam pernyataannya, Wong menjelaskan bahwa Singapura kemungkinan besar tidak akan mencabut seluruh langkah pembatasan sosial yang ada.

Contohnya, pemerintah mungkin akan mengizinkan orang tidak menggunakan masker di luar ruangan, tetapi tetap mengharuskan orang untuk memakainya di lingkungan tertutup dalam ruangan.

Sumber : Reuters

Berita Lainnya