sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pesan Biden dalam memperingati 20 tahun kejadian 11 September

Biden meminta warga AS agar menunjukkan rasa persatuan yang disebut sebagai ‘kekuatan terbesar kita’. 

Tiara Kandida Enggarsari
Tiara Kandida Enggarsari Sabtu, 11 Sep 2021 12:43 WIB
Pesan Biden dalam memperingati 20 tahun kejadian 11 September

Dalam rangka memperingati 20 tahun kejadian 11 September yang menyerang Amerika Serikat, Presiden Joe Biden, membuat pesan khusus bagi warga negara AS. Dalam video tersebut, Biden meminta warga AS agar menunjukkan rasa persatuan yang disebut sebagai ‘kekuatan terbesar kita’. 

“Bagi saya, itulah pelajaran utama dari kejadian 11 September. Inilah momen paling rapuh kita, dalam proses tarik-ulur yang menjadikan kita manusia, untuk berjuang bagi jiwa Amerika, persatuan adalah kekuatan terbesar kita," ucap Biden dalam sebuah video berdurasi 6 menit yang dilansir melalui Twitter @POTUS pada Sabtu (11/9).

Tidak hanya itu saja, Biden juga menyampaikan, persatuan bukan berarti semua masyarakat harus yakin terhadap satu hal, melainkan saling memiliki rasa hormat yang mendasar antar satu sama lain. 

Untuk memperingati 20 tahun kejadian 11 September, pada Sabtu pagi waktu AS, Biden didampingi oleh Jill mendatangi tiga lokasi yang menjadi target dalam penyerangan 11 September sebagai tanda penghormatan. 3 lokasi itu adalah New York, Pentagon, dan Pennsylvania.  

“Untuk menghormati dan mengenang nyawa-nyawa yang hilang serta memeluk para keluarga yang kami cintai,” ujar Biden.

Selain itu, peringatan untuk kejadian 11 September akan digelar di tiga lokasi berbeda yang menjadi target 19 pembajak Al-Qaeda yang menabrakkan pesawat penumpang 20 tahun lalu. 

Lokasi pertama, di New York tepatnya di Ground Zero dimana merupakan lokasi menara kembar World Trade Center (WTC) yang tumbang dalam serangan 9/11, para keluarga dan pendatang akan membacakan nama-nama korban yang tewas hampir 3.000 jiwa. 

Setelah itu, mengheningkan cipta juga akan dilakukan tepat pada waktu ketika dua menara kembar WTC dihantam oleh dua pesawat yang dibajak dan akhirnya ambruk, juga momen saat gedung Pentagon diserang dan satu penerbangan komersial lainnya. 

Sponsored
Berita Lainnya