sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pesan Dirjen WHO pada Menlu Retno: Terus siaga

Hingga saat ini belum ada kasus coronavirus jenis baru di Indonesia.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 25 Feb 2020 08:39 WIB
Pesan Dirjen WHO pada Menlu Retno: Terus siaga
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25773
Dirawat 17185
Meninggal 1573
Sembuh 7015

Di sela-sela High Level Segment ke-43 Dewan HAM PBB di Swiss pada Senin (24/2), Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Keduanya membahas mengenai situasi penyebaran wabah coronavirus jenis baru yang semakin memprihatinkan.

"Koordinasi dan kolaborasi global dalam menangani penyebaran coronavirus sangat penting untuk mengontrol dan mengatasi penyebaran virus tersebut," tutur Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI pada Senin.

Retno menambahkan, kolaborasi global dalam menangani coronavirus jenis baru bukan hanya untuk mengatasi penyebaran virus dalam jangka pendek, tetapi juga untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran dalam jangka panjang.

Dalam kesempatan pada Senin, Menlu Retno turut menyampaikan perkembangan penanganan coronavirus di Indonesia.

"Hingga saat ini, menurut data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, belum ada kasus individu yang positif coronavirus di Indonesia," jelas dia.

Meskipun belum ada WNI yang terjangkit di Indonesia, Dirjen Ghebreyesus berpesan agar Indonesia terus siaga terhadap penyebaran coronavirus jenis baru.

Selain itu, Menlu Retno juga memaparkan upaya pemerintah Indonesia dalam mengevakuasi WNI yang berada di wilayah yang terjangkit coronavirus jenis baru di beberapa negara.

Retno menyampaikan dukungan terhadap strategi respons darurat yang dilakukan WHO selama ini. Dia berharap WHO dapat berbagi keahlian terkait penanggulangan coronavirus dengan Indonesia, sebagaimana yang organisasi itu telah lakukan dengan sejumlah negara lain.
 
Lebih lanjut, Menlu Retno menyampaikan hasil pertemuan ASEAN-China Special Meeting on Coronavirus di Vientiane, Laos, pada Kamis (20/2).

Sponsored

"Pertukaran informasi sebagai salah satu bentuk koordinasi penanganan coronavirus jenis baru sangat esensial untuk mencegah merebaknya wabah tersebut," imbuhnya.

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:49 WIB
Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 WIB
Berita Lainnya