sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PM Denmark Mette Frederiksen diserang saat di alun-alun Kopenhagen

Serangan itu terjadi dua hari sebelum warga Denmark menuju tempat pemungutan suara dalam pemilu Uni Eropa.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 08 Jun 2024 06:24 WIB
PM Denmark Mette Frederiksen diserang saat di alun-alun Kopenhagen

Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen diserang oleh seorang pria di pusat Kopenhagen pada hari Jumat (7/6). Siapa pelakunya?

"Perdana Menteri Mette Frederiksen dipukuli pada Jumat malam di Kultorvet Square di Kopenhagen oleh seorang pria yang kemudian ditangkap. Perdana Menteri terkejut dengan kejadian tersebut," kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

Frederiksen kemudian pergi dari lokasi. Dan seorang penduduk setempat menurut Reuters mengatakan tidak ada tanda-tanda bahaya pada Frederiksen.

Polisi mengatakan di platform media sosial X bahwa mereka telah menangkap seorang pria dan sedang menyelidiki insiden tersebut tetapi menolak memberikan rincian lebih lanjut.

“Dia tampak sedikit stres,” kata Soren Kjergaard, yang bekerja sebagai barista di alun-alun, kepada Reuters.

Menteri Lingkungan Hidup Denmark Magnus Heunicke mengaku terkejut dengan berita penyerangan tersebut.

"Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen hari ini diserang dan dipukuli oleh seorang pria di Kultorvet di Kopenhagen. Mette tentu saja terkejut dengan serangan itu. Saya harus mengatakan bahwa ini mengguncang kita semua yang dekat dengannya," tulisnya di X.

Edgars Rinkevics, presiden Latvia, mengatakan berita tentang serangan itu “mengganggu.”

Sponsored

“Kekerasan benar-benar tidak dapat diterima dalam masyarakat demokratis,” tulisnya di X. “Pikiran saya tertuju pada @Statsmin dan keluarganya.”

Serangan itu terjadi dua hari sebelum warga Denmark menuju tempat pemungutan suara dalam pemilu Uni Eropa. Tiga minggu lalu, Perdana Menteri Slovakia Robert Fico terluka parah dalam upaya pembunuhan.(foxnews,reuters)

Berita Lainnya
×
tekid