sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PM Inggris-Trump berbincang via telepon, apa yang dibahas?

PM Inggris Boris Johnson saat ini tengah menjalani masa pemulihan setelah menjalani perawatan akibat Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 22 Apr 2020 14:46 WIB
PM Inggris-Trump berbincang via telepon, apa yang dibahas?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 527.999
Dirawat 66.752
Meninggal 16.646
Sembuh 441.983

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Selasa (21/4) berbincang via telepon dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dari kediaman resminya di Chequers. Pembicaraan antara kedua pemimpin negara terjadi di tengah masa pemulihan PM Johnson dari Covid-19.

Seorang juru bicara Downing Street mengatakan, Johnson berterima kasih kepada Trump atas doanya saat dia mendapat perawatan di rumah sakit. Keduanya juga membahas upaya G7 untuk memerangi Covid-19.

"Kedua pemimpin sepakat tentang pentingnya respons terkoordinasi internasional terhadap coronavirus jenis baru, termasuk melalui G7 yang saat ini dipimpin AS," jelas juru bicara tersebut. "Mereka juga membahas kerja sama Inggris-AS dalam perang melawan pandemik."

Johnson dan Trump berkomitmen untuk terus bekerja sama memperkuat hubungan bilateral, termasuk dengan menandatangani perjanjian perdagangan bebas sesegera mungkin.

Downing Street menjelaskan bahwa selama menjalani pemulihan, Johnson secara rutin menelepon menteri-menterinya untuk mengetahui kondisi terbaru situasi Covid-19 di dalam negeri.

"PM Johnson melanjutkan masa pemulihan di Chequers dan tidak secara resmi melakukan pekerjaan pemerintahan," jelas juru bicaranya. "Dia secara berkala menerima informasi terbaru terkait respons pemerintah terhadap coronavirus jenis baru."

Johnson berada di Chequers untuk memulihkan diri setelah menghabiskan satu minggu di St. Thomas' Hospital, London, termasuk tiga hari dalam unit perawatan intensif (ICU). Dia keluar dari rumah sakit pada 12 April.

Dia sudah tidak menjalani tugas pemerintah selama lebih dari dua minggu. Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mewakilinya untuk sementara waktu.

Sponsored

Sejauh ini Inggris mencatat lebih dari 129.000 kasus positif coronavirus jenis baru, termasuk 17.337 pasien yang meninggal. Tidak ada data terkait pasien yang sembuh.

Dalam pernyataan terpisah, Gedung Putih mengatakan bahwa PM Johnson memberi tahu Trump bahwa dia merasa lebih baik dan terus menjalani masa pemulihan.

PM Johnson juga dijadwalkan berbicara via telepon dengan Ratu Elizabeth II akhir pekan ini. (The Guardian dan BBC)

Berita Lainnya