sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Presiden Korsel: Selamat atas pelantikan sahabat baik saya Jokowi

Presiden Moon Jae-in berharap di bawah kepemimpin Jokowi-Ma'ruf, Indonesia akan semakin menikmati pertumbuhan yang dinamis.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Minggu, 20 Okt 2019 15:16 WIB
Presiden Korsel: Selamat atas pelantikan sahabat baik saya Jokowi

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengucapkan selamat atas pelantikan Joko Widodo, yang disebutnya sebagai sahabat baiknya, sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

"Saya mengucapkan selamat atas pelantikan sahabat baik saya Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia. Rakyat Indonesia kembali memilih Bapak Joko Widodo sebagai Presiden," demikian pernyataan Moon Jae-in yang diunggah di laman Facebook-nya, Minggu (20/10). 

"Di bawah kepemimpinan bapak yang merangkul seluruh lapisan masyarakat, Indonesia akan semakin menikmati pertumbuhan yang dinamis."

Lebih lanjut, Presiden Moon Jae-in mengatakan, persahabatan dan rasa saling percaya yang ditunjukkan Jokowi telah mendorong Korea Selatan dan Indonesia mewujudkan "Special Strategic Partnership" yang merupakan satu-satunya di ASEAN.

"Saya berharap Korea Selatan dan Indonesia akan terus berupaya mewujudkan kesejahteraan bersama, dengan memadukan visi 'Indonesia Maju' dan 'New Southern Policy' sebagaimana yang kita lakukan selama ini," kata Presiden Moon Jae-in.

Presiden Moon Jae-in sendiri tidak menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, dia mengirimkan utusan khusus.

"Sebagai bentuk persahabatan, saya mengirim utusan khusus untuk menghadiri upacara pelantikan bapak. Saya berharap kegiatan pertukaran masyarakat kedua negara akan semakin intensif selama masa bakti bapak yang kedua," ujar Presiden Moon Jae-in.

Sponsored

"Pertemuan langsung dengan Bapak Presiden Joko Widodo sangat saya nantikan untuk sekali lagi menyampaikan ucapan selamat."

Sementara itu, sejumlah kepala negara serta utusan pemerintahan asing hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Termasuk di antaranya adalah Sultan Hassanah Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Raja Eswatini Mswati III.