sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden RI-Korea Selatan bicara via telepon, ini yang dibahas

Percakapan berlangsung pada Selasa (21/4) sore atas permintaan Presiden Jokowi.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 22 Apr 2020 21:49 WIB
Presiden RI-Korea Selatan bicara via telepon, ini yang dibahas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 262022
Dirawat 60064
Meninggal 10105
Sembuh 191853

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berbincang selama 20 menit via telepon pada Selasa (21/4) sore. Pembicaraan tersebut berlangsung atas permintaan Presiden Jokowi.

"Mengawali perbincangannya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat dan rasa senang atas kemenangan partai berkuasa dalam pemilu. Presiden Jokowi juga menilai kemenangan tersebut sebagai wujud kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Moon," demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis kantor kepresidenan Korea Selatan atau yang dikenal dengan sebutan Gedung Biru.

Merespons pernyataan Presiden Jokowi, Presiden Moon mengatakan, "Saya berterima kasih atas ucapan selamat. Ucapan ini memberikan semangat dan terasa hangat karena disampaikan dari sahabat sejati. Kami bersyukur bahwa pemilu telah berlangsung aman berkat situasi yang membaik terkait Covid-19 seperti jumlah kasus terinfeksi belakangan ini menurun drastis di dalam negeri."

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan keinginannya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman Korea Selatan dalam menangani pandemik coronavirus jenis baru.

Sementara itu, Presiden Moon mengungkap keyakinannya bahwa Indonesia dapat segera mengatasi pandemik Covid-19.

"Saya yakin Indonesia akan akan segera mengatasi wabah Covid-19 ini dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan rakyatnya di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," ujar Presiden Moon.

Presiden Moon menggarisbawahi bahwa hal yang terpenting dalam mengatasi pandemik Covid-19 adalah kerja sama dan solidaritas yang erat di tingkat masyarakat dunia. Rencananya, Presiden Moon akan memperkuat kerja sama internasional melalui berbagai langkah seperti memasok berbagai kebutuhan penanggulangan wabah dan alat kesehatan, berbagi pengalaman penanggulangan wabah dan data klinis, menjamin mobilitas tenaga kerja inti seperti pengusaha dan bekerja sama untuk mengembangkan vaksin serta obat-obatan.

Kepada Presiden Moon, Presiden Jokowi menyatakan tekad dan mengajak Korea Selatan untuk bersama-sama turut ambil bagian dalam mempererat kerja sama internasional. Selain itu, Presiden Jokowi berharap agar Indonesia dan Korea Selatan dapat mengimplementasikan komitmennya, baik untuk kerja sama dalam penanganan krisis Covid, maupun untuk kerja sama ekonomi yang selama ini dijalani kedua negara.

Sponsored

"Saya sependapat dengan Presiden Jokowi. Saya berharap Korea Selatan dan Indonesia dapat melewati krisis Covid-19. Terlebih lagi, saya berharap Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) dapat segera diratifikasi sehingga dapat memberikan kontribusi pada pemulihan perekonomian kedua negara. Harapan saya, kerja sama dalam bidang industri pertahanan dan pemindahan ibu kota negara juga dapat dipercepat untuk diskusi lebih lanjut," kata Presiden Moon.

Berita Lainnya
×
img