logo alinea.id logo alinea.id

Rayakan 70 tahun hubungan dengan RI, Kedubes AS bagi-bagi beasiswa

Peningkatan kerja sama antara AS dan Indonesia tercermin melalui kemajuan dalam program pertukaran pendidikan.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 19 Jun 2019 09:40 WIB
Rayakan 70 tahun hubungan dengan RI, Kedubes AS bagi-bagi beasiswa

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Marie Royce menyatakan Kedutaan Besar AS menyediakan dana khusus untuk serangkaian beasiswa bagi masyarakat Indonesia.

Beasiswa itu diberikan dalam rangka memperingati perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan AS. "Inisiatif Kedubes AS mencakup beasiswa tingkat S2 melalui program Fullbright dan program sertifikat untuk empat area," tutur Royce dalam perayaan 40 tahun Hubert H. Humphrey Fellowship di Museum MACAN, Jakarta, Selasa (18/6).

Royce menjelaskan program sertifikat tersebut mencakup empat area, yakni administrasi bisnis, edukasi anak usia dini, teknologi dan informasi, dan manajemen pariwisata dan perhotelan.

Dia menyatakan, saat ini ada lebih dari 9.000 WNI yang sedang menempuh pendidikan di AS. Royce berharap ke depannya jumlah itu akan terus bertambah. 

"Saya ingin mendorong lebih banyak anak muda untuk belajar di AS. Kami memiliki sekitar 4.700 community college dan universitas, pasti ada tempat untuk semua orang," tambahnya.

Royce menekankan bahwa universitas di AS menghargai siswa yang berasal dari Indonesia. Sebab, kata dia, mahasiswa Indonesia membawa keberagaman dan ide baru di ruang kelas.

Dia mengatakan peningkatan kerja sama antara AS dan Indonesia tercermin melalui kemajuan dalam program pertukaran pendidikannya.

"Lebih dari 10.000 WNI telah berpartisipasi dalam sejumlah program pertukaran kami," jelasnya.

Sponsored

Program pertukaran pendidikan, tambahnya, akan memperkuat hubungan antara institusi akademik, bisnis, dan masyarakat kedua negara.

"Sesuai dengan perkataan Presiden Donald Trump, AS akan memfasilitasi pertukaran budaya, pendidikan, dan mempererat hubungan antarmasyarakat demi menciptakan dunia yang makmur," ujar Royce.

Detail menyangkut beasiswa ini, menurut Royce, akan diumumkan lebih lanjut.

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan menggemakan pernyataan Royce. Dia menyampaikan bahwa pendidikan dan kebudayaan selalu menjadi prioritas kerja sama AS-Indonesia.

"Hubungan diplomatik Indonesia dan AS dapat mencapai usia ke-70 berkat masyarakat kedua negara yang bekerja bersama dan saling belajar dari satu sama lain," kata dia.