sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ribuan orang protes lockdown Covid-19 di Belanda

Polisi antihuru-hara mengklaim telah menangkap sekitar 100 demonstran.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 18 Jan 2021 17:12 WIB
Ribuan orang protes <i>lockdown</i> Covid-19 di Belanda
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Polisi antihuru-hara di Belanda menggunakan meriam air untuk membubarkan sekitar 2.000 orang dalam protes ilegal di Amsterdam, Minggu (17/1).

Para demonstran menentang karantina wilayah (lockdown) skala nasional yang diberlakukan pemerintah untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

Para pengunjuk rasa berkumpul di alun-alun di depan galeri seni Rijksmuseum dan Museum Van Gogh, membawa papan bertuliskan "Freedom: stop this siege" sembari berjalan dan meneriakkan "What do we want? Freedom!"

Tidak ada pedemo yang menggunakan masker atau penutup wajah lainnya, yang memang tidak wajib dipakai di luar ruangan.

Selain itu, hanya beberapa demonstran yang menghormati aturan jarak sosial, mendorong pihak berwenang untuk membubarkan kerumunan karena masalah kesehatan.

Pemerintah Kota Amsterdam telah menolak permohonan protes yang akan diadakan di Museum Square. Para demonstran menolak pergi ketika polisi menyuruh mereka melakukannya. Beberapa di antaranya justru dilaporkan melemparkan kembang api ke arah otoritas keamanan.

Polisi antihuru-hara kemudian menggunakan meriam air untuk mencoba membubarkan demonstrasi. Pihak berwenang mengatakan, mereka telah menangkap sekitar 100 pedemo.

Pemerintah menutup sekolah dan sebagian besar bisnis sejak Desember 2020 dalam upaya membendung lonjakan kasus Covid-19.

Sponsored

Pekan ini, pemerintah Belanda mengumumkan akan memperpanjang lockdown dan pembatasan sosial lainnya. Setidaknya hingga tiga minggu ke depan.

Pada hari-hari awal pandemi, "Negeri Kincir Angin: umumnya enggan memberlakukan pembatasan sosial dibandingkan sejumlah negara tetangga.

Namun, dalam gelombang kedua infeksi, pemerintah dihadapi penyebaran infeksi yang semakin melonjak dan tekanan yang meningkat bagi sejumlah rumah sakit lokal.

Belanda sejauh ini mencatat 912.554 kasus positif Covid-19, termasuk 13.006 kematian. (REUTERS)

Berita Lainnya